Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Roof Rack di Chevrolet Spark

Editor - Selasa, 3 Agustus 2010 | 08:22 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Sebagai satu-satunya mobil city car di Tanah Air yang menggunakan roof rail, artinya Chevrolet Spark asyik dipakai keluar kota dengan kabin maksimal. Hanya mengingat dimensinya yang mungil, jangan samakan aplikasinya dengan kendaraan lainnya yang lebih besar. Intip yuk cara pakai roof rail biar lebih maksimal.

Tak ada yang aneh sebenarnya ketika sebuah city car dipasangkan roof rail. "Chevy Spark merupakan produk global General Motors, yang artinya berlaku universal di seluruh dunia," jelas Harry Novianto, manager marketing PT. GM Autoworld Indonesia (GMAI). 

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Grb 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Asalnya dari kebutuhan warga Eropa kebanyakan yang menginginkan sebuah city car tapi tetap multifungsi. Walau tetap berukuran mungil bukan berarti city car enggak bisa dipakai keluar kota.

Kekuatannya tentu sudah diperhitungkan matang, karena roof rail Spark dibaut langsung ke struktur bodi mobil (Gbr.1 dan 2). "Itupun pada bagian bodinya telah di-reinforced lagi," papar Harry lagi.

Tapi perlu diketahui beban yang bisa diangkut roof rail untuk sebuah city car mungil model ini. "Beban maksimal yang sanggup diangkut berkisar 25 kg sampai 50 kg," wanti pria tinggi nan ramah ini.  

Kemudian ingat juga ketika memasang roof rack-nya, harus memasang terlebih dahulu roof bar yang berguna sebagai dudukan. Tujuannya agar roof rack dapat duduk sempurna dan tidak mudah goyang.

Yakinkan juga ketika mengencangkan baut-baut pengikatnya supaya tidak membuat suara-suara berdecit kala dipakai berjalan (Gbr.3).

Perhatikan juga instruksi tekanan angin ban kala memakai roof rack. Bisa dilihat di sisi pintu pengemudi. Ukuran ban 155/70R14 yang terpasang terlihat kecil dibanding city car sekelasnya oleh karena itu perlu pemahaman juga bahwa handling akan sedikit berubah.

Model roof rack sendiri beragam, tapi usahakan cari yang memiliki nilai aerodinamis baik supaya tidak terlalu menambah beban mesin. Pelajari bahwa center of gravity Spark dipastikan berubah (Gbr.4),. Ingat prinsip dasar safety driving bahwa efek ketika Spark dipakai ngebut di jalan bebas hambatan ataupun menikung pasti berubah banyak.

"Efek lainnya juga menambah konsumsi bahan bakar kalau roof rack terpasang," wanti Harry lagi.

Penulis/Foto: Rio / F.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa