Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Kaca Depan Daihatsu Xenia Buram

Editor - Kamis, 1 Juli 2010 | 13:35 WIB
Solusi Kaca Depan Daihatsu Xenia Buram
Solusi Kaca Depan Daihatsu Xenia Buram

OTOMOTIFNET - Menanggapi penyakit langka pada kaca mobil Xenia yang beberapa kali kedapatan buram, harus dengan cara-cara seksama. Artinya jangan sampai salah langkah yang ujung-ujungnya bisa jadi bikin kaca tambah parah, termasuk pencegahannya juga loh. Enggak mau kan waktu kebuang cuma buat bolak balik bengkel tanpa solusi jitu.

"Cara pertama tentu dengan poles kaca depan, kalau sampai tidak berhasil baru ganti unit kaca keseluruhan," tutur Billy lagi. Hanya perlu diperhatikan tata cara poles kaca yang baik dan benar supaya kesalahannya tidak berlanjut. Paling benar, jangan pernah mengerjakan poles kaca di bawah terik matahari langsung. Perhatikan juga obat-obatan yang digunakan.

"Kaca punya pori-pori halus, nah ketika panas pori tersebut akan memuai. Kalau sampai kena obat poles, akibatnya obet akan meresap ke dalam pori-pori dan susah dihilangkan," wanti Alan yang pengalaman pernah menemukan kaca retak akibat salah proses poles itu. Setelah memoles, langsung saja siram kaca dengan air mengalir atau lap sampai kering benar.

Pencegahan, perhatikan jangan pernah juga memoles kaca pakai pembersih kaca yang khusus untuk kaca rumah. Jenis kaca laminated dan kaca jendela rumah punya karakteristik yang sangat jauh berbeda.Pun perhatikan juga kalau sampai memakai sampo kaca yang bisa ikut dicelupkan ke air wiper. "Gunakan sampo yang tidak mengandung amoniak yang bisa merusak kaca," wanti wanita yang baru saja melahirkan ini. 

Toh kalau sampai kaca benar-benar rusak tak terpakai lagi terpaksa ganti kaca baru. Ketersediaan kaca sih enggak ada masalah. "Kaca laminated untuk Xenia ataupun Avanza merek Asahi dijual Rp 1,175 juta, sedang merek Mulia seharga Rp 1,085 juta, semuanya sudah termasuk karet-karet dan biaya pasang," ujar Ilham lagi. Kalau hanya ingin beli kaca dan pasang sendiri di bengkel lain, Autoglass memberikan harga Rp 680 ribu untuk merek Asahi, dan Rp 590 ribu merek Mulia.

Penulis/Foto: Rio / Salim, Agus T

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa