Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ayo...Bikin Tombol Central Lock di Pajero Sport

Editor - Senin, 28 Juni 2010 | 15:34 WIB
Ayo Bikin Tombol Central Lock di Pajero Sport
Ayo Bikin Tombol Central Lock di Pajero Sport

Otomotifnet.com - Tampilan gagah nan macho Mitsubishi Pajera Sport banyak membius pecinta SUV diesel tanah air.

Tidak heran sejak diluncurkan, Pajero Sport mulai banyak beredar di jalanan. Malah juga sempat menyabet Rookie of The Year pada penganugerahan OTOMOTIF Award 2010.

Seiring pemakaian, pemilik pun banyak melakukan personalisasi kepada kendaraan kesayangannya.

Tidak terkecuali Alex yang merasa kurang sreg untuk melakukan penguncian pintu langsung pada kenop pengunci di sebelah tuas pembuka pintu di door trim.

Menurutnya, lebih sip kalau mengunci dan membuka central lock hanya dengan menyentuh tombol.

Untung, keinginan pebisnis audio mobil ini didengar Aeng, pemilik kios aksesori mobil Sumber Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus. "Cuma butuh sakelar lima kaki," bilang Aeng.

Maksudnya, sakelar yang punya lima terminal di bagian belakangnya (Gbr.1).

Buat mengaktifkan sakelar ini, perlu melakukan bypass kabel motor central lock asli Pajero Sports. "Ada dua kabel, dipotong lalu dimasukkan dulu ke sakelar baru kembali lagi ke motor," lanjut pria 42 tahun ini.

Coba perhatikan diagram kabelnya (Gbr.2).

Perhatikan lima terminal di belakang sakelar. Posisinya bisa dibolak-balik, misal diberikan urutan angka pada terminalnya. Di terminal 3, paling tengah, hubungkan dengan positif aki langsung. Jangan lupa beri sekring sebagai pengaman, enggak perlu besar, cukup 5 Ampere.

Lantas buka door trim dan cari motor central lock. Ada dua kabel motor central lock. Anggap saja kalau dipotong jadi ada empat ujung kabel.

Nah, hubungkan masing-masing ujung kabel tadi dengan terminal di sakelar. Tinggal sesuaikan saja angkanya dengan yang di terminal.

Setelah terangkai, coba dulu untuk memastikannya sudah benar. Lalu tinggal pasang sakelarnya. "Ada lokasi bagus di sebelah tombol electric mirror," imbuh Aeng. Memasangnya pun relatif mudah, hanya perlu mencoak sedikit bibir lubangnya dari bagian dalam.

Jadi, copot dulu rumah sakelar electric mirror. Lanjutkan membuka penutup lubang yang ada di sebelahnya. Coba tempelkan sakelar central lock baru pada lubang itu.

Karena bentuknya sakelar aftermarket lebih kotak, rada berbeda dengan ruang yang tersedia karena bentuknya agak oval. "Coak saja pinggirnya sedikit agar sakelar bisa nyemplung ke situ," tunjuk Aeng.

Ada dua tempat yang bisa dipakai menaruh sakelar ini (Gbr.3). Karena sudah dipakai satu buat turbo timer, maka pada Pajero Sports Alex, sakelar ditaruh di sebelah kirinya.

(Penulis/Foto: Manut/Yosi)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa