Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Kembalikan Mulusnya Tail Pipe

Editor - Selasa, 15 Juni 2010 | 13:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Silincer dan tail pipe knalpot aftermarket anyar dan mahal seperti Remus, Tanabe, Kansai yang harganya berkisar sekitar Rp 3 jutaan ke atas pastilah membuat tunggangan kita makin asik untuk dilihat, selain bisa untuk menambah performa mobil kita knalpot juga berfungsi sebagai penambah estetika dan performa di sebuah mobil.

Namun kemulusan dan kebersihan dari knalpot itu kadang tidak bisa bertahan lama. Dalam waktu tidak sampai sebulan knalpot otomania sudah mulai menjadi kotor dan terlihat menjadi kuning atau bahkan menghitam pada bibir knalpot.

Ini disebabkan karena adanya sisa-sisa pembakaran yang hinggap di knalpot yang efeknya bisa membuat muka otomania sedikit kecut. Maklum jadi kelihatan jorok!

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Gbr 3

Lalu apakah ada caranya agar tail pipe otomania bisa kembali mulus dan indah di pandang? Jelas ada ujar Yassin dari Duta AC Mobil yang merangkap salon mobil di Radio Dalam Jaksel. Simak yuk tipsnya..

Pertama yang harus dilakukan yaitu cuci knalpot dengan memakai air yang bersih dan gunakan shampo mobil (Gbr.1).

kedua lap sampai bersih akan tetapi ingat jangan meninggalkan titik air pun di knalpot karena akan menyebabkan jamur pada knalpot itu.

Ketiga oleskan Kit paste wax atau kompon putih yang harga di pasarannya berkisar Rp 30 ribu- Rp 50 ribu yang biasa untuk memoles mobil. Tergolong hemat fulus (uang,-Red) apalagi bisa dipakai hingga 10 kali.

Cara lain bisa juga dengan menyemprotkan degreaser atau cairan penetran pada bibir knalpot otomania. Akan tetapi apabila otomania memilih opsi untuk menggunakan degreaser jangan sampai menyemprot terlalu dalam. Takutnya menimbulkan efek yang tidak baik pada saluran pembuangan tersebut, seperti (Gbr.2)

Keempat gosok sampai bersih dengan cara mengikuti kontur dan bentuk tail pipe milik otomania sampai kotoran yang menempel pada bibirnya akan terkelupas dan terkikis sendiri.

Jangan lupa dalam menggosok knalpot haruslah memakai tenaga, apabila menggosoknya tidak pakai tenaga hanya gosok-gosok sekadar saja rasanya akan sangat lama sekali atau bahkan kotoran tersebut engak akan pernah hilang dari knalpot otomania.

Kelima bilas kembali knalpot sampai benar-benar bersih, tapi lebih baik dicuci kembali dengan memakai shampo mobil dan tidak ada sama sekali ada bekas wax atau kotoran yang tersisa,

Terakhir lap sampai kering dengan menggunakan plas chamois atau kain perca yang biasa untuk memoles mobil (Gbr.3).

Cukup mudah rasanya untuk dapat tetap membuat knalpot anyar milik otomania tetap bersih tapi hemat. Selamat mencoba.

Penulis/Foto: Dustin / Dustin

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa