Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modul Pencatat Data, Mengurangi Praktik Manipulasi

Editor - Sabtu, 29 Mei 2010 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Berangkat dari kondisi tadi, pemilik merek dagang Autel merilis sebuah alat bernama MaxiRecorder (Gbr.1). Kegunaan modul yang juga dilengkapi software untuk PC (Personal Computer) atau laptop ini, yaitu sebagai alat pelacak dan pencatat data aktivitas sebuah kendaraan selama digunakan.

MaxiRecorder mampu mencatat data konsumsi BBM, detail perjalanan hingga 500 jam, kondisi mesin saat pemakaian termasuk memantau kecepatan maksimum dan rata-rata dari sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun truk.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Untuk menginstalasi alat seharga Rp 1,4 juta ini tergolong mudah. Cukup dengan menancapkan modul MaxiRecorder ke soket OBD(On Board Diagnosis) pada mobil. Posisi biasanya di bawah dasbor pengemudi (Gbr.2).

Sesi tes yang dilakukan OTOMOTIF memang singkat, lantaran keterbatasan waktu dan kondisi jalan yang sangat padat. Dari data yang tersimpan dalam modul dengan kapasitas internal memori 2 Mb (500 jam pemakaian kendaraan), terdeteksi beberapa data yang cukup akurat.

Seperti waktu start dan mematikan mesin, jarak yang sudah ditempuh (km), kecepatan maksimum dan rata-rata (km/jam), praktik hard maupun extreme braking serta akselerasi (hard & extreme).

Semua data tadi bisa langsung terpantau setelah modul dicabut dari OBD, kemudian dihubungkan ke laptop atau PC pakai kabel data yang sudah tersedia dalam paket. Data yang tersaji ada di menu trip log dalam software MaxiRecorder  (Gbr.3). Modul pencatat data ini juga diklaim mampu memantau kondisi mesin dalam 23 parameter. Sayangnya saat sesi pengetesan, (17/5) lalu, belum sempat menjajalnya langsung lantaran keterbatasan waktu.

Tes berikutnya memantau kinerja alarm pengingat batas kecepatan mobil. Fitur ini sebenarnya cocok digunakan bagi pemula yang baru belajar nyetir, atau orang tua yang punya anak remaja dan sudah bisa mengemudi di jalan raya.

Setting alarm pengingat batas kecepatan ini, cukup dengan mengatur batas kecepatan sesuai keinginan, melalui aplikasi set speed bands seperti ini (Gbr.4). Alarm akan melengking nyaring jika kecepatan sudah melewati ambang batas yang sudah disetting. Lumayan bikin kaget buat para pemula yang gemar berkendara ugal-ugala.

Super Star (Dealer MaxiRecord) : 021-7204767

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa