Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Head-up Display, Agar Konsen Ngebut Tanpa Lirik Spidometer

Editor - Rabu, 5 Mei 2010 | 15:42 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Belakangan head-up display sudah banyak diaplikasi pada besutan premium seperti Toyota Camry atau BMW X series. Panel penunjuk kecepatan mobil ini cukup membantu pengemudi untuk tetap konsentrasi, terutama saat melaju pada kecepatan tinggi, lantaran pandangan mata tak perlu lagi merunduk ke arah cluster spidometer dan kawan-kawannya biasa ditempatkan.

Jika ingin memasang peranti ini, di pasaran umum sudah ada kok yang jual. Seperti head-up display (HUD) Speo bikinan Taiwan ini, dijajakan Asia Jaya Motor (SACS) di Pondok Gede, Bekasi, Jabar seharga Rp 1,35 juta.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Pemasangannya sangat mudah, hanya butuh soket lighter di kabin, untuk memasok listrik ke panel HUD (Gbr.1). Posisi penempatannya enggak dibikin mati, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Umumnya diletakkan di tengah dasbor (Gbr.2), dengan tatakan alas antigeser yang sudah tersedia dalam satu paket. HUD ini juga dilengkapi dua parameter penunjuk kecepatan, MPH (miles per hour) dan km/h (km/jam).

Tampilan HUD universal ini bisa terlihat jelas meski di siang hari (Gbr.3). Syaratnya, tidak boleh berada di ruangan tertutup seperti dalam garasi. Lo memangnya kenapa? "Karena fungsi indikatornya bekerja berdasarkan sinyal satelit. Kelebihannya, meski diameter pelek sudah diganti lebih lebar, tidak mempengaruhi dalam perhitungan kecepatan yang ditampilkan," urai Wira Sentosa, juragan SACS.

 Selain berfungsi sebagai indikator kecepatan, HUD Speo juga dapat dipakai buat GPS (Global Positioning System). Pada kemasannya terdapat simbol rangkaian jaringan yang dapat dihubungkan ke laptop, BlackBerry (BB) atau HP yang sudah dibekali fitur map.

Kali ini dipraktikkan langsung lewat BB seri 9630, untuk melakukan pairing Bluetooth sebelum mengaktifkan fitur GPS-nya (Gbr.4), dengan memasukkan 4 digit angka nol sebagai numeric passkey.

Setelah kedua alat (devices) terkoneksi lewat Bluetooth, pilih menu option pada BB Anda. Lanjut ke pilihan advanced options, kemudian pilih menu GPS. Dalam menu ini terdapat beberapa opsi lagi, atur ulang data source ke pilihan HUD Speo. Kemudian pilih opsi Location On pada menu layanan GPS-nya.

Lanjutkan dengan setting location data dan location aiditing, dengan memilih opsi enabled. Nah fungsi GPS melalui BB sudah diaktifkan. Tampilan yang akan muncul, seperti posisi mobil saat ini, atau bisa memilih lokasi lain untuk melacak tempat yang akan dituju.

SACS: 021-8487623

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa