Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Di Usia Tak Muda, Scanner Wiring Harness Mercy E320 New Eyes Perlu Dilakukan

Editor - Rabu, 28 April 2010 | 10:19 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kondisi kabel-kabel atau wirring harness yang selalu dalam kondisi fit jadi keharusan Mercedes-Benz. Termasuk seri W210. Pastikan wiring harness masih optimal di usianya yang menginjak 12 tahun. “Kabel Jerman memang bagus, namun usia pakai terbatas sehingga kualitas kabel mesti di cek alat diagnostik,” jelas Otte dari Otte Autorepair di bilangan Kebon Jeruk, Jakbar.

Biaya pengetesan dengan scanner hanya dipatok antara Rp 250-300 ribu. “Kalau ada kesalahan pada kabel akibat short circuit atau tahanan di atas spesifikasi pabrik langsung terdeteksi,” jelas Otte lagi.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

SISTEM PENDINGIN
Sedan asal Eropa di desain untuk 4 musim, makanya sistem pendinginan untuk E320 dengan mesin 6 silinder segaris, dilakukan oleh viscous fan dan 2 buah electric fan.

Bila kondisi viscous sudah lemah, segera ganti yang baru. Hindari akal-akalan seperti menyuntik ulang minyak visco karena umurnya tak akan lama. Toh harganya tak mahal, sekitar Rp 800 ribu. Termasuk electric fan yang memakai 2 sensor rpm. Ganti saja untuk menghindari gejala overheat.

FILTER UDARA DAN OLI

Kondisi iklim yang tidak stabil di tanah air dan debu alias kotoran di udara terbuka membuat kualitas penyaring cepat afkir.

Lakukan peng­gantian filter udara dan oli secara rutin setiap kali tune-up. Dengan  biaya anggaran tak sampai Rp 300 ribu (filter udara dan oli versi OEM berkualitas bagus), penyaring kotoran sudah menjadi menu wajib.

Penulis/Foto: Kl:X / Dok.Otomotif, KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa