Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Periksa Kaki-kaki Hyundai Avega, Awasi Kondisi As Roda

Editor - Jumat, 9 April 2010 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tes ketahanan dijalanan ala Indonesia, liftback Korea ini cukup  perkasa. Namun tentu bukan hanya karena kaki-kaki enggak loyo menghadapi lubang jalanan, Avega banyak disuka kaum hawa.

“Meski yang nawar mobil ini sang suami, tapi yang pakai istrinya,” terang Jimmy, pemilik showroom Power Auto?, WTC Mangga Dua, Jakut.  Kabin Avega dinilai cukup lega buat, sang istri beserta anak kecil dan seorang baby sitter.

Harga bekasnya yang dikisaran Rp 80-100 juta dinilai terjangkau. Enggak heran depresiasinya tergolong rendah. Nah apa saja yang harus diperhatikan jika Anda tertarik? Pertama yang harus diperhatikan adalah komponen kaki-kakinya, jangan sampai menyesal dikemudian hari.

As Roda
Umumnya as roda memiliki usia pakai panjang, terlebih bila dipakai secara normal dan jarang melewati jalan rusak. Tetapi jalan mana yang tidak berlubang di Jakarta dan kota besar lainnya?

Pemeriksaan as roda saat servis berkala tak ada salahnya dilakukan. Apalagi bila sudah ada gejala bunyi khususnya pada saat mobil belok dalam kondisi jalan. “Kalau bukan as roda biasanya suspensi yang bermasalah karena memang memiliki lokasi sama,” terang Agus Susanto, kepala cabang Hyundai Pluit, Jakut. Bicara as roda yang bermasalah, ongkos dan belanja parts bisa kena Rp 1 jutaan/roda. Sementara sokbreker set sekitar Rp 800 ribuan.

No caption
No credit
No caption

As Roda
No caption
No credit
No caption

Power Steering

Setir
Sistem kemudi dengan bantuan hidrolis memang memudahkan pengendalian dan manuver saat parkir. Khususnya bagi kaum hawa yang enggan berotot karena harus memutar setir. Namun berkompensasi sistem kemudi menjadi cepat lelah.


Spooring

Kebiasaan memutar kemudi dengan posisi roda diam, akan mengurangi usia pakai power steering. Lakukan pengecekan pada rack steer dan pompa saat servis rutin. Dimulai dengan mengecek volume oli di tabung power steering. Bila cepat berkurang disinyalir ada kebocoran. Kalau sampai harus overhaul, bisa menghabiskan dana Rp 600 ribuan.

Spooring
Hal sepele namun jadi penentu usia pakai sistem penggerak roda dan ban. Jangan segan-segan melakukan alignment dan balans secara periodik dengan budget Rp 200 ribu.

Rotasi ban yang rutin juga ikut membuat kaki-kaki Hyndai Avega bertahan lebih lama sekaligus membuat ban lebih awet. Apalagi untuk mobil yang sudah memakai pelek lebih besar dari standar pabrik, spooring dan balans sudah wajib dilakukan minimal 6 bulan sekali.

Penulis/Foto: Kl:X / Salim, KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa