Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Bocor, Pasang LED Head Lamp Di Luar

Editor - Jumat, 16 April 2010 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tampilan head lamp dengan kosmetik tambahan berupa LED (Light Emitting Diode), seperti bawaan Audi A4 yang sudah tertanam di dalam mika lampu standarnya, belakangan mulai marak diaplikasi para penyuka modifikasi tampilan.

Namun jika ingin memasang LED di dalam mika lampu, berpotensi menimbulkan kebocoran jika pemasangan kembali kurang sempurna. Untuk mencegah kebocoran, bisa terapkan cara yang dilakoni Hongyono Candra, dengan menempelkan LED batangan di bagian luar mika lampu depan besutan hariannya, Honda New City lansiran 2006.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

LED batangan ini bisa dibeli langsung di Prisma Autosound seharga Rp 150 ribu/batang (Gbr.01), atau sekalian minta dipasang dengan biaya Rp 250 ribu/lampu. Supaya pemasangan lebih sempurna dan enggak berantakan, sebaiknya mencopot bemper depan terlebih dulu (Gbr.02).

Caranya cukup mencopot semua pin pengancing pakai obeng min (Gbr.03), dan membuka baut di sepatbor pakai obeng kembang.


Gbr 5

Setelah bemper depan tercopot, bersihkan seluruh mika lampu depan pakai lap bersih, untuk menghilangkan semua kotoran tipis yang mesih nempel di permukaan mika. Lanjutkan dengan merekatkan LED batangan dari ujung luar terlebih dulu, ke bagian dalam untuk memudahkan instalasi kabelnya (Gbr.04).

Kabel (+) dan (-) keluaran dari LED, bisa disambungkan langsung ke kabel lampu senja, atau dijumper bareng kabel ACC pada kunci kontak.

"Idealnya disambungkan ke kabel lampu senja, karena nyalanya hanya ketika lampu senja diaktifkan (Gbr.05)," kata Ahong sapaannya.

Ahong juga menambahkan kalau LED yang dipakainya ini, merupakan tipe dengan pendaran cahaya rata ke samping dan bukan ke atas.

"Keuntungannya, cahaya bisa terlihat lebih jelas dari arah samping, meski lampu utamanya sudah pakai versi Xenon HID sekalipun," jelas instalatur Prisma Autosound di arteri Pondok Indah, Jaksel.

Prisma AutoSound: 021-68677382

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa