Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Tikus Dari Ruang Mesin Pakai Kapur Barus

Editor - Senin, 5 April 2010 | 14:32 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Emang serbasalah tinggal di daerah baru berkembang. Tanah sekitar rumah masih kosong, tambah apes banyak yang buang sampah sembarangan lagi. Ekstra sial menimpa Faisal, konsultan hukum yang tinggal di daerah pinggiran Jakarta Selatan ketika kabel-kabel mobil Honda City lansiran 2006 miliknya digerogoti tikus.

Indikasinya sederhana, beberapa karet pembungkus kabel terlihat rusak kena gigitan, untung saja belum sampai memutuskan isi kabel tembaganya. Serem nih, bisa-bisa korslet di tengah jalan kan.

Paling gampang taruh saja makanan racun tikus yang mudah ditemui di warung. "Tapi takut tikusnya malah mati di dalam rumah, entar jadi bau kan," ulas Faisal penuh tanda tanya.

Rencana bikin lem tikus yang diletakkan di kolong mobil juga urung dikerjakan karena takut lupa angkat kalau mau berangkat kerja pagi. Alih-alih kena tikus, tambah apes lagi kalau kaki sendiri yang injak. Lengketnya itu loh yang amit-amit susah hilangnya.

No caption
No credit
No caption

Hii.., jangan sampe deh ruang mesin jadi sarang tikus
No caption
No credit
No caption

Perhatikan posisi perangkat elektronik , letakan pewangi sedekat mungkin supaya tikus ogah mampir
No caption
No credit
No caption

Jaga juga jangan sampai pewangi cepat rusak gara-gara terkena cipratan air

Bikin pewangi mudah dipasang dan lepas, berguna kalau ingin bersih-bersih ruang mesin

Lantas, bagaimana sih cara paling efektif tapi enggak berbalik ke kita sendiri? Sebenarnya ingat saja kalau tikus itu malas ke tempat yang bersih dan wangi kan. Nah, sekarang bikin saja ruang mesin seperti itu. Biasakan saja bersih-bersih ruang mesin, plus jangan lupa kolong spakbor. Emang agak repot harus ada kerjaan ekstra bersih-bersih kolong. Tapi sebanding dengan hasilnya dong.

Tak cukup dengan program bersih-bersih, Faisal juga menambahkan sejenis kapur barus yang biasa terdapat di lemari ataupun kamar mandi. Mungkin akan susah untuk menaruh kapur barus yang model bulat atau kotak di ruang mesin.

"Pakai aja pewangi lemari pakaian yang sudah terbungkus sejenis kertas tipis," papar ayah seorang putri ini. Modalnya pun tak terlalu mahal kok, dan bisa ditemukan di sebagian besar toko serba ada. Harganya berkisar Rp 5 ribu untuk sebungkus pewangi model ini. Biar aman sih sebaiknya beli 2 atau 3 bungkus, nanti menaruhnya bisa di beberapa titik ruang mesin.

Pertama kali, kenalin dulu nih apa saja sih yang ada di ruang mesin. Misal lokasi sekring-sekring ada di sisi kanan mobil, namun jangan lupakan kabel aki yang ada di sisi kiri. Efektif mengusir tikus berikut serangga-serangga, peletakkan pewangi juga mesti melihat kondisi pemakaian mobil.

Maksudnya, karena terbuat dari kertas tipis, bukan tak mungkin mudah rusak terkena air, Apalagi kalau lagi bersih-bersih mesin, belum terkena cipratan air hujan dari jalan. Jadi, posisikan pewangi lebih tersembunyi, tapi jangan buat kerjanya jadi tak maksimal.

Nah, enaknya pewangi model ini sudah tersedia gantungan walau hanya seutas. Tali plastik ini nantinya bisa disangkutkan pada bagian belakang kotak sekring, atau bisa juga direkatkan dengan cable ties. Fungsinya tentu selain mudah dilepas kala ingin mencuci ruang mesin, tapi tanpa mengurangi kinerjanya mengusir hewan pengerat ini loh. Taruh pewangi sedekat mungkin dengan bagian-bagian elektrikal mobil supaya tikus semakin malas mendekat.

"Sejak ditaruh pewangi, sekarang jarang lagi melihat kabel-kabel rusak digigit tikus," jelas Faisal sumringah.

Penulis/Foto: Rio / F.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa