Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Rem Dan Kopling Suzuki Grand Vitara, Cek Harga Komponennya

Otomotifnet - Kamis, 18 Maret 2010 | 09:29 WIB
Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara
Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara

OTOMOTIFNET - Suzuki Grand Vitara bermesin 2.000 cc tergolong diminati. Perputaran cukup cepat tak lebih dari tiga hari bertahan di showroom mobkas.  Bahkan OTOMOTIF yang mencoba hunting via iklan baris mendapati  Grand Vitara sudah laku dalam sehari.

Selain harganya cukup miring, berkisar Rp 190-225 juta, dibanding SUV lain, juga multifungsi. Bisa buat ngantor, kondangan hingga menerobos banjir.  Desainnya juga gagah dengan image onderdil Suzuki yang  terjangkau.

“Namun selalu cermati bagian kaki-kaki dan suspensi sebagai mobil yang memiliki ground clearance tinggi,” jelas Apendi, service manager Suzuki Kebon Jeruk. Apa aja ya?

Kampas Rem

Sebagai peranti deselerasi, kampas rem juga memiliki usia pakai. Pastikan kondisi kampas rem masih fit meski mobil sudah 5 tahun. Umumnya kampas rem bisa dipakai hingga 2 tahunan. Apalagi versi transmsi manual, bisa lebih lama lagi.

Untuk sepasang kampas rem genuine dihargai Rp 1,2 juta. Sementara kampas rem belakang Rp 600 ribu. Harga ini relevan mengingat kampas rem masih impor dari Jepang. Kalau ingin mencari alternatif kampas rem, ada beberapa merek yang bisa dipilih seperti Bendix atau Ferodo.

Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara
Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara

Kampas rem
Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara
Perawatan Rem Dan Kopling Grand Vitara

Kampas kopling

Kampas Kopling

Terlahir dengan 2 macam transmisi, Grand Vitara versi manual dianggap tangguh melayani jalan jelek dan permukaan lintasan bergelombang. Ini lantaran transfer tenaga dilakukan manual lewat kopling kaki. Bila sudah ada gejala selip, segera siapkan dana untuk penggantian clutch assembly.

Plat kopling dibanderol Rp 535 ribu, dekrup alias matahari Rp 416 ribu, pilot bearing Rp 17 ribu, release bearing dipatok Rp 600 ribuan, sementara oil seal-nya Rp 208 ribu. Harga lumayan untuk membuatnya kembali enak digeber.

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa