Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berburu Xenon HID, Meski Bergaransi tetap Hati-Hati!

Editor - Selasa, 9 Maret 2010 | 14:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Konsumen penyuka lampu mobil yang terang- benderang, mungkin paling senang sekaligus was-was melihat bejibunnya produk Xenon HID di pasaran.

Bayangkan ratusan merek lampu hi-tech ini, mulai yang mengaku dari Amerika, Jerman, Taiwan dan Cina terhampar di pusat-pusat onderdil. Sudah gitu harganya bikin nyut-nyutan kepala.

Mulai dari brand kondang seharga Rp 10 jutaan sampai yang abal-abal tanpa merek dengan bandrol Rp 1 jutaan. Apakah yang mahal pasti bagus dan lantas kenapa pula produk berharga terjangkau malah menawarkan garansi?

Menarik disimak, kebanyakan produk berharga mahal justru tidak disertai garansi. “Kita sudah yakin dengan kualitas. Sehingga garansi tidak lazim ditanyakan,” terang Alfons, sales manager PT Foerch Indonesia yang menjual Xenon HID.

Berdasar data spesifikasi dari beberapa produsen Xenon HID, tipe bohlam ini mestinya punya umur 10 kali lipat lebih lama dari halogen biasa. Sementara keterangannya bisa 3 kali lipat dan setrum yang dipakai 50% lebih irit dari halogen.

“Namun kita enggak menutup mata ada produk yang berkualitas rendah dipasaran. Meski bergaransi tetap hati-hati,” terang Alux, dari RC Motorsport, Pasar Mobil Kemayoran(PMK). Pria yang menjual Xenon HID bermerek Blitz, Flash dan Orum ini menjelaskan, garansi biasanya untuk ballast dan bohlam selama 1 tahun. Maklum dua komponen ini yang paling rawan rusak.

No caption
No credit
No caption


Bagaimana jika sudah 6 bulan dan bohlam rusak? Pastinya diganti baru gratis namun sinarnya akan belang dengan lampu sebelah. Maklum setelah dipakai sekian lama keterangan Xenon HID akan berkurang.

“Biasanya konsumen terjebak dengan membeli satu lagi biar tidak belang,” terang Alux yang melihat kejadian ini pada Xenon HID tanpa merek dan distributor yang jelas.

Sayang harga bohlam Xenon HID pengganti dijual berkisar Rp 600 ribuan/buah atau bisa 50% dari harga conversion kit. “Padahal setahu saya, untuk yang kualitas abal-abal harga per bohlam tidak lebih dari USD 15 (Rp 150 ribuan), “ terang seorang importir yang enggan disebut namanya.

Nah ketimbang tambah pusing, sebaiknya pilih Xenon HID yang jelas distributor dan tokonya. Juga jangan terjebak dengan harga yang murah banget.

“Sekadar bocoran, harga psikologis Xenon HID yang mutunya cukup baik berkisar Rp 2 jutaan. Kalau di bawah itu enggak jamin deh,” tambah sebut saja Acong, pemilik toko aksesoris mobil di Jakpus.

Semoga awet deh..

Penulis/Foto: Bil / Dok Otomotif, Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa