Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Karat Dan Macet Engsel Pintu

Editor - Selasa, 5 Januari 2010 | 13:51 WIB
No caption
No credit
No caption

 

OTOMOTIFNET - Musim hujan bukan hanya pemilik kendaraan yang perlu perlindungan. Engsel-engsel pintu dan lubang kunci juga perlu dapat perhatian. Sehingga Anda pun lancar dalam membuka dan menutup pintu.

Perawatan engsel pintu, bisa pakai penetran. Khusus untuk engsel tengah boleh gunakan oli mesin jahit atau silicon white grease. Sebab bagian ini yang sering bersinggungan langsung dengan air dari talang atas.

Ada beberapa engsel di pintu, tetapi engsel yang berada di tengah adalah komponen yang sering main alias dapat beban kerja lebih (gbr. 1). Agar tetap berfungsi sempurna meskipun terkena air hujan, "Cukup oles atau teteskan oli mesin jahit pada bagian atas dan bawah bilah pelatnya supaya tetap lengket atau nempel," kata Ade, kepala bengkel OSS di Jl. Panjang No.8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Engsel lain boleh pakai penetran, karena tidak langsung kena air. Begitu juga untuk as pegangan engsel tengah. Menurutnya penetran punya sifat membersihkan, tetapi mengandung gas sehingga cepat lenyap.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

Gbr 2

Disarankan juga jangan lumasi engsel tengah pakai gemuk, sebab gemuk bisa menyimpan debu atau kotoran, sehinggga akan mengikis lapisan pelat. "Sebenarnya boleh saja, asalkan setelah itu dilap," ulas Ade. Untuk rutinitas perawatannya, cukup sebulan sekali.

Sementara buat lubang kunci, semprotkan cairan penetran saja agar tak macet kala sedang memutar kunci. Masukkan pipa penyemprot ke lubang kunci (gbr.2), sehingga rongga tempat jalur kunci terbebas dari kotoran. Cukup sekali semprot dan lalukan sekali sebulan.

Jika kedua hal ini rajin dirawat, semoga Anda tidak basah kuyup kehujanan akibat terlalu lama membuka atau menutup pintu saat parkir di tempat terbuka. Juga terhindar dari bunyi ciet..ciet...!

Penulis/Foto: -

Untuk informasi lebih dalam soal modifikasi, tips dan klub mobil, silahkan klik www.autoblackthrough.com

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa