Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Pasang Panel Casing Head Unit Integrated, Gak Nyesal Pakai Universal

billy - Kamis, 22 Maret 2012 | 16:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Khusus untuk varian Toyota Yaris, casing head unit terdiri dari tiga panel terpisah (kanan)
Banyak anggapan awam kalau upgrade head unit ke versi monitor, mesti melakukan modifikasi yang dikhawatirkan dapat merusak panel standar di kabin mobilnya.

Sebenarnya tidak separah itu, karena kini sudah tersedia panel casing pengganti, khusus untuk varian yang standarnya dibekali head unit model integrated atau menyatu dengan dasbor.

ON DASH

No caption
No credit
No caption

 Model integrated umumnya sudah dibekali ukuran slot dobel DIN, Panel casing aftermarket lebih diperuntukkan buat pemakaian monitor tipe universal
Tentunya hal ini akan menguntungkan mereka yang ingin mengganti head unit standar mobilnya, dengan monitor tipe universal yang banyak menawarkan beragam fitur unggulan terkini. Sebab panel casing pengganti versi aftermarket ini memang didesain buat pemasangan monitor tipe universal ukuran 2-DIN. Sehingga pemakai nantinya tak akan menyesal, lantaran tidak ada satu pun dari komponen interior yang dikorbankan.

"Sebab umumnya mobil-mobil baru saat ini, ukuran rumah head unitnya sudah setara double DIN. Tujuannya supaya lebih memudahkan bagi pemiliknya, jika hendak mengganti head unit standar (single DIN) dengan versi monitor on dash (double DIN)," jelas Akiong, direktur PT Berkat Audio Perkasa Jaya (BAPJ), distributor beberapa merek produk car audio termasuk panel casing head unit ini.

No caption
No credit
No caption

 Panel kuping untuk menutup celah di sisi bodi monitor serta slot laci tambahan,dijual terpisah seharga Rp 30-50 ribu per set

Semisal head unit milik Chevrolet Captiva, Toyota Vios, Yaris, Rush, Daihatsu Terios atau Nissan March. Semua varian tersebut dibekali model head unit menyatu dengan dasbor, yang sebelumnya dianggap cukup menyulitkan oleh instalatur car audio jika ingin menggantinya ke versi monitor.
Satu set head unit standar berikut casing-nya bisa disimpan agar kondisinya tetap mulus
Pemasangannya memang perlu ketelitian serta kesabaran. Sebab kebanyakan panel casing terbuat dari bahan plastik, dan hanya dipasang menggunakan klip pengait tanpa baut.

"Proses bongkar-pasang perlu waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam, tergantung jenis mobilnya apa. Biasanya yang ganti head unit jadi monitor adalah pemilik mobil Jepang, untuk merek Eropa atau Amerika hanya segelintir saja," sebut Daniel, juragan kios Cipta Sonic Audio, Mega Glodok Kemayoran (MGK) Lt.5 blok E3-2, Jakpus.
(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa