Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fashion Gaun Dari Komponen Mobil

billy - Senin, 9 Januari 2012 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Seorang desainer sejati dapat membuat pakaian dari bahan apapun, termasuk dari komponen mobil. Itulah yang dilakukan dua desainer wanita asal Inggris menjelang penutupan tahun 2011. Ini bagian dari rencana Ford meluncurkan model baru mobil paling laris itu.

Mereka merancang busana berikut perhiasannya dari komponen mobil Ford Focus 2012. Inspirasinya mengambil desain pakaian dari era Edwardian, periode kekuasaan Raja Edward VII dari 1901 sampai 1910. ‘Busana mobil' unik ini didesain Judith R. Clark, yang menerima tantangan membuat pakaian menggunakan komponen mobil Ford dalam seminggu.

Bahan yang digunakan ada kain sutera, wol, renda, kulit dan cat semprot. Ia dapat kiriman dua boks berisi komponen mobil dari Ford. Termasuk kunci, panel instrumen dasbor, lampu belakang, pembungkus jok, radio, tombol jendela, gir, sproket dan sebagainya.


Kalung dari tombol-tombol, per dan material jok
"Saya ingin membuat pakaian feminin yang melibatkan mekanika industri mobil," ujar pihak Ford mengutip ucapan Clark. Dalam blog-nya, desainer kelahiran Skotlandia itu menceritakan proses pembuatan dari awal hingga akhir. Seperti bagaimana ia memanfaatkan setiap komponen.

Clark menyebut bagian belakang gaun sebagai ‘mesin', yang terdiri dri komponen kecil (ring, gir, per dan sebagainya) dijahit ke bahan kaku dengan model mengembang.

Lampu belakang besar warna merah dijahit menggelantung di bagian paha (rasanya tak semua wanita ingin berjalan dengan benda ini berat dan besar itu, hehehee...). Clark mengaku sedikit tertantang. Ia memasang sabuk kulit besar dan memberi pengait sehingga lampu bisa dicopot.

Roknya dari lapisan sutera warna biru agak gelap. Clark juga merancang jaket biker dari pembungkus jok mobil, di samping wol dan cat semprot. Dihias panel spidometer sebagai aksen.

Sementara itu, desainer perhiasan Katherine Hawkins berkreasi mengias kalung. Komponen yang dipakai, tombol-tombol, per dan material jok. Paduan warnanya dibuat sangat bagus dan cocok dengan gaun buatan Clark.

Sangat kreatif. Kira-kira pabrikan mobil di Indonesia ada yang mau mencoba ide seperti ini? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa