Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Esemka Mobil Dinas Joko Widodo Bukan Awal Yang Sembrono!

billy - Sabtu, 7 Januari 2012 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Sampai detik ini saya gunakan enggak ada kekurangan. Mesinnya halus, AC nya dingin, joknya nyaman, ruang kabinnya lega. Apalagi coba. Komentar saya hanya bagus dan nyaman semuanya,” buka Joko Widodo, walikota Surakarta ketika dimintai kesannya menggunakan mobil dinas Kiat Esemka (3/1). Soal nyaman itu katanya lagi, tak sebatas duduk di kabin belakang, namun juga ketika duduk di belakang setir dan mengemudikannnya.

Sekedar informasi, mobdin jenis SUV (Sport Utility Vehicle) berwarna hitam mengkilat berplat AD 1 A, nampaknya menggusur mobdin sebelumnya sedan Toyota Camry. Mobdin barunya, bermerk Kiat Esemka tersebut adalah rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta yang dibimbing oleh Sukiat dari Kiat Motor Klaten. Masih ada lagi unit serupa berplat AD 2 A yang digunakan oleh wawali Surakarta FX Hadi Rudiyatmo, yang dirakit oleh SMK Warga Surakarta.

Nampaknya kebanggaan dengan semangat serta hasil kreasi siswa SMK tersebut, sangat mengena di hatinya. Sampai-sampai ia tanpa sungkan membuka kap mesin mobdinnya serta menunjukan engine-nya yang bertuliskan Esemka 1.5. Yang menguatkan bahwa mobil itu dirakit oleh siswa SMK, dengan spek mesin injeksi, DOHC 4 silinder, 1.500cc.

Terkait kandungan lokal mobil tersebut, Jokowi begitu sapaannya bilang, bahwa kandungan lokalnya sekitar 80 persen. “Yang 20% sasis dan transmisi masih impor,” ujarnya sembari mengatakan konsumsi bahan bakar berkisar 1:10.

Rencananya, karena masih dalam uji coba, termasuk proses uji kelaikan juga uji emisi, mobil tersebut akan terus dipakai berkegiatan. Sembari terus mendorong supaya mobil tersebut bisa diproduksi masal.

“Karena kalau diproduksi massal harganya bisa Rp 95 juta. Bandingkan dengan harga mobil sejenis itu sekarang. Kan separuhnya lebih tuh,” katanya. Selain itu, bila sudah jadi produksi massal, paling tidak di lingkungan Pemkot Solo akan dihimbaunya supaya gunakan mobil Kiat Esemka ini.

Lha kalau semua ijin kelaikan dan sebagainya kelar, namun dan tak ada investor yang minat untuk produksi masal. “Setelah saya tak jadi walikota saya akan jadi raja otomotif saja urus ini,” tutupnya lagi-lagi sembari senyum.

Nah, penasaran seperti apa? Nantikan liputan kompletnya nomor depan!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa