Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesial tools Mekanik TAM, Paduan Safety Plus Efisiensi

billy - Senin, 31 Oktober 2011 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Technical service division PT Toyota-Astra Motor (TAM) setiap tahunnya menggelar kompetisi bagi para mekaniknya, untuk menciptakan beragam ide perbaikan menyangkut aktifitas pekerjaan di setiap divisi. Kali ini sengaja diulas kembali beberapa SS (Suggestion System) berupa special tools, khususnya untuk meningkatkan unsur safety dan efisiensi.
No caption
No credit
No caption

 Belalai Penyedot Gas CO(kiri). Pengunci Tuas Lift(kanan atas). Dinosaurus Jack(kanan bawah) 
Belalai Penyedot Gas CO
Ketika seorang mekanik sedang melakukan pengelasan di bagian dalam mobil, rentan menghirup gas beracun yang dihasilkan dari aktifitas ini. Seperti gas CO (Carbon Monoxide) yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Jika sampai terhirup dan masuk ke dalam paru-paru, kelamaan akan memicu kerusakan pada metabolisme tubuh.

Untuk menghindari bahaya tersebut, diciptakan saluran penyedot yang bentuknya mirip belalai gajah. Efek vakum menggunakan mesin penyedot khusus, dan gas CO yang disedot langsung dibuang melalui lubang di atap bengkel.


 Rel Lampu Pemanas
Rel Lampu Pemanas
Efisiensi waktu di bagian body repair bisa ditingkatkan dengan menempatkan lampu pemanas pada satu rel. Posisinya melintang di atas kendaraan dan bisa digeser maju-mundur atau kanan-kiri, saat mengeringkan permukaan bodi setelah dicat. Cara ini dapat mempersingkat waktu pengerjaan, karena pergerakan lampu pemanas lebih bebas dan tanpa hambatan.

Dinosaurus Jack

Untuk membantu jenis pekerjaan berat, seperti mengangkat blok mesin dan transmisi, dibutuhkan dongkrak khusus sesuai dimensi komponen yang diangkut. Dinosaurus Jack didesain dari troli jack biasa menggunakan beberapa batang besi, serta bagian roda diperbesar agar tidak mudah tersangkut lubang saluran di dalam bengkel. Sementara lengan penopang didesain khusus sehingga pas dengan konstruksi mesin.

Pengunci Tuas Lift
Tuas penggerak lift service yang bergerak bebas tanpa pengunci, riskan sekali jika sampai tersenggol lengan tanpa disengaja. Jika posisi lift di atas dan tuas lift tersenggol kemudian tertekan ke bawah, sangat berbahaya bagi mekanik yang sedang bekerja di kolong mobil. Supaya lebih aman, ujung tuas diberi pengunci tambahan agar tidak mudah bergerak.(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa