Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kunci Sok, Mengigit Lebih Kuat

billy - Minggu, 23 Oktober 2011 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Kunci sok adalah sebuah tool yang memiliki mata kunci berbentuk tabung dan menyelimuti kepala mur atau baut. Kunci sok memiliki keunggulan lebih menggigit saat di gunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur dan baut. Hal ini disebabkan mata kunci langsung menutupi kepala mur dan baut sehingga tidak mudah lepas. Mata kunci sok umumnya punya aneka ukuran yang disesuaikan diameter kepala mur.

Sedangkan mata kunci soknya sendiri diketahui punya banyak ukuran sesuai diameter mur. Begitu pula dengan tangkai atau release drive-nya. “Penggunaan kunci sok cukup mempermudah, sebab tenaga yang dibutuhkan untuk memuntir mur tidak seberat memuntir pakai kunci konvensional. Namun kunci sok hanya efektif digunakan pada mur yang di sekelilingnya tidak terhalang,” papar Irfan Kristanto, manager promosi PT. Sarana Teknik Sejahtera, distributor utama Bullock Tools.

Selain mata kunci sok untuk mur konvensional, dipasaran juga tersedia mata kunci sok untuk baut ‘L’ dan baut bintang. Nah untuk lebih mendetail, yuks dirinci satu-persatu.

1.Mata Kunci Sok Mur Konvensional
Sesuai dengan ukuran mur, maka tersedia mata kunci sok-nya. Mata kunci sok ini tersedia dengan diameter 4,5 mm hingga 32 mm. Sehingga tinggal gonta-ganti yang dipasang pada release drive-nya. “Mata kunci sok untuk mur juga ada 2 jenis, yaitu bermata 6 dan 12,” tambah Adi kepala toko Sama Tunjang di Lindeteves Trade Center (LTC), GF 1, Blok C5 /1, Glodok, Kota, Jakarta Barat, seraya menyebut harga satuan mata kunci sok Rp 6.500 hingga Rp 27.500.

No caption
No credit
No caption

 Ratchet handle fleksible dipergunakan untuk menjangkau kepala mur dan baut yang sulit
2. Mata Kunci Sok Baut Bintang
Jenis mata kunci sok baut bintang kerap dikenal juga sebagai star bit socket. Ukuran mata kunci sok baut bintang diantaranya T20, T25, T27, T30, T40, T45, T50, T55, T60. “Range harga eceran dibanderol Rp 21.500 hingga Rp 46.000,” lanjut Irfan, seraya bilang kalau produk kunci-kuncinya digaransi lifetime.

3. Mata Kunci Sok Impact
Secara global, mata kunci sok impact terdiri dari semua jenis mata sok. Mulai dari mata baut konvensional, baut ‘L’ dan baut bintang. Biasanya mata kunci sok impact punya keunggulan material lebih kuat ketimbang mata kunci sok konvensional. Penggunaannya pun enggak hanya mengandalkan ratchet handle, tetapi bisa dikhususkan pakai air impact wrench yang terhubung pada kompresor. “Mata kunci sok impact dapat dibedakan dari warnanya yang hitam. Hal ini sudah menjadi standar international,” bilang Adi.


 Kunci sok ‘T’ lumrah digunakan unruk membuka baut cover bodi kendaraan
4. Kunci Sok Busi
Kunci ini memang diperuntukkan buat membuka dan mengencangkan busi. Bentuknya lebih panjang yang dimaksudkan untuk menjangkau lubang busi. Kunci sok busi umumnya disertai tangkai berbentuk ‘T’. “Ukuran kunci sok busi terdiri dari 20,8 mm dengan ulir bermata 6 PT, 20,8 mm dengan ulir bermata 12 PT, 14 mm, 16 mm dan 19 mm,” beber Irfan.

5. Kunci Sok ‘T’
Bentuknya yang menyerupai huruf T menjadikan tool ini disebut sebagai kunci sok T. Ukuran kunci sok T dimulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm dan 19 mm. “Range harganya Rp 35.000 hingga Rp 60.000,” sebut Adi.

6. Kunci Sok ‘Cross’ dan ‘Y’
Tool ini lumrah digunakan untuk membuka mur roda. Oleh karenanya kunci sok ‘Cross’ mutlak tersedia di dalam kabin mobil. Begitupun dengan kunci sok ‘Y’. Dalam satu bentuk kunci sok cross maupun ‘Y’ tersedia mata sok berbeda-beda tiap sudutnya. “Ukuran kunci sok cross 17 x 19 x 21 x 22 mm, yang dibanderol Rp 104.000. Kemudian ukuran kunci sok ‘Y’ diantaranya 12 x 14 x 17 mm dihargai Rp 58.000,” ucap Irfan.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa