Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Terjemur Bikin Puyeng Dan Keracunan?

billy - Selasa, 27 September 2011 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Cuaca tidak menentu akhir-akhir ini bikin banyak pengguna mobil puyeng. Cuaca bisa tiba-tiba berubah dari panas ke hujan, atau sebaliknya panas sangat terik. Saat membuka pintu mobil, langsung tersengat serbuan hawa panas dari kabin. Kabarnya, mobil terjemur panas terik, bisa menghasilkan zat-zat yang membahayakan kesehatan. Benarkah?

WASPADAI BAHAN KIMIA
Panas akibat mobil yang terjemur, parkir di tempat terbuka dalam waktu yang lama memang membuat tidak nyaman. Tapi selama mobil Anda tidak mendapat banyak perubahan atau mengangkut berbagai barang kimia, tidak ada yang perlu dikawatirkan.

“Bahan-bahan plastik, dasbor, trim atau jok yang asli enggak masalah kalau kepanasan. Karena pabrik sudah memperhitungkan kondisi ekstrem seperti itu. Bahwa mobil akan kepanasan,” kata Usman Adi, manajer servis Tunas Toyota.

Yang mesti diperhitungkan justru benda-benda yang kita tambahkan ke dalam mobil. Seperti aksesori, parfum mobil, pembersih dan sebagainya yang mengandung bahan kimia. Parfum mobil bentuk cair atau gel, bisa menguap berlebihan jika kepanasan. Apalagi kalau baunya tajam, ditambah panas terik, bisa bikin puyeng.


 Jangan langsung tutup rapat, biarkan tubuh beradaptasi dan udara panas keluar(kiri atas). Simpan bahan dan cairan kimia dalam kotak kedap, terutama bila tak ada bagasi terpisah(kiri bawah). Parfum, mudah menguap bila kepanasan. Hati-hati sensitif aroma tajam, bisa puyeng (kanan).
Begitu juga cairan-cairan pembersih, pengkilap, pewangi atau bahan-bahan kimia lain yang kita aplikasi pada interior atau dibawa di mobil. “Bisa bermasalah jika panas berlebihan karena cairan bisa menguap atau bereaksi dengan bahan dasbor. Yang bawa oli serep, minyak rem, shampo, wax dan sebagainya juga sebaiknya jangan dibiarkan berserakan. Harus dimasukkan ke kotak yang kedap,” lanjut Usman.

Apalagi kalau mobil tidak memiliki bagasi tertutup. Seperti minibus atau MPV seperti Nissan Serena, Livina, Kijang, Avanza, Yaris, Jazz, Alphard, Land Cruiser, Pajero dan sebagainya. Tidak ada ruang tertutup antara kabin penumpang dan bawaan.

Selain udara dari kabin, problem akibat panas juga bersumber dari tubuh yang tidak siap menerima perubahan lingkungan. Seperti dari ruang AC di mall atau kantor, ke parkiran yang panas. Suhu dalam kabin yang terjemur bisa mencapai 400 Celcius, bahkan lebih.

“Perubahan suhu dari ekstrem ke ekstrem, dingin ke panas atau sebaliknya yang terlalu cepat, tidak sehat untuk tubuh. Jangan langsung menutup semua jendela dan pintu dengan AC dingin. Saat jalan lagi, biarkan jendela terbuka dulu beberapa saat, agar tubuh beradaptasi pelan-pelan,” saran dr. Hafiz Abubakar, SpA dari RS Sari Asih, Tangerang. “Apalagi kalau ditambah ada bahaya zat-zat yang menguap saat mobil kepanasan. Bisa buat orang pusing, puyeng…,” imbuh Usman.

Bukan hanya kesehatan, antisipasi tersebut juga perlu untuk menjaga mobil sendiri. Jendela atau pintu perlu dibiarkan terbuka beberapa saat, agar udara panasnya keluar dan mencegah kaca pecah. Seperti dialami sendiri oleh Jusri Pulubuhu, pehobi otomotif dan pakar safety driving.

“Di Amerika beberapa tahun lalu, waktu itu panasnya luar biasa. Saya langsung menutup pintu mobil yang kejemur seharian, kaca depannya langsung pecah. Padahal sebelumnya mobil dalam keadaan baik dan saya membanting pintu seperti biasa. Saya pikir saya ditembak. Ternyata karena udara panas. Di Arab sudah jadi peringatan umum untuk membuka sedikit jendela mobil saat parkir, agar udara panasnya enggak mampet di kabin,” papar Jusri.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa