Spesialis Transmisi Otomatis, Bisa Mencapai Rp 800 Ribu Hingga Rp 4 Juta

billy - Rabu, 21 September 2011 | 17:01 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Mengendarai mobil bertransmisi otomatis memang nikmat, kaki kiri bebas dari tuntutan menginjak kopling. Mau macet seperti apa pun, dijamin kaki kiri nggak bakal pegel! Apalagi saat pulang dari ritual mudik. Namun pada saat bertingkah karena ‘kelelahan’ pascaperjalanan jauh, ada baiknya Anda mengetahui tempat perbaikan transmisi matik ini. Seperti di Boss Matic milik Eddy Handoko di daerah Bintaro.

Berbagai mobil Jepang, seperti Honda Jazz dan City kerap datang ke sini. “Umumnya bermasalah dengan CVT-nya,” jelas Eddy. Transmisi CVT ini penyakitnya body valve yang kotor. “Gejala awal, mobil jalannya ndut-ndutan seperti mesin brebet ditarikan awal,” ujar Eddy lagi. Lama-lama akhirnya koplingnya aus dan harus turun transmisi. Biayanya sekitar 7 jutaan.

“Ganti plat kopling, paking set dan sil-sil,” ucapnya. Nah, kalau salah pakai oli juga berakibat kerusakan pada belt CVT-nya. Biaya perbaikan, masih menurutnya, bisa mencapai Rp 15 juta. “Atau kalau mau lebih murah ganti girboks utuh Rp 8-10 jutaan,” tambahnya.

Lanjutnya, Isuzu Panther “kapsul”, versi matiknya juga rewel. Biasanya karena body valve kotor juga. “Gejala perpindahannya nggak halus, ada entakan,”jelasnya.

Nah, untuk biaya perbaikannya sekitar Rp 800 ribuan. Sedangkan kalau harus belah girboks, bisa sampai Rp 4 jutaan. Namun Eddy juga bisa mengerjakan transmisi matik berbagai mobil kok! Silakan ke Boss Matic, Jl. Palem Puri No. 199, Puri Bintaro, Tangerang. Telp. 021-32715254, 0813-89895566    (mobil.otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : billy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa