Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jatah 5 Mesin di MotoGP, Aktif Untuk Musim 2013!

Bagja - Kamis, 14 Februari 2013 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Ketika Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) merilis regulasi baru per November 2013 lalu, aturan pembatasan 5 mesin terdaftar akan efektif pada tahun 2014, ternyata adalah kompromi antara penyelenggara dan pabrikan motor.

Mereka adalah Dorna Sports (Event Organizer MotoGP) dan MSMA (Motorcycle Sports Manufactur Association). Dimana regulasi tersebut terikat pada keputusan perizinan tim pabrikan untuk menggunakan sistem perangkat lunak ECU yang wajib di musim 2014.

Tapi ternyata, motor prototipe MotoGP akan mulai mengaplikasi 5 mesin pada musim 2013 untuk semusim penuh. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang cukup serius, mengingat persaingan MotoGP musim ini cukup berat. Apalagi regulasi juga semakin menguatkan posisi motor-motor CRT (Claiming Rule Team).

“Berita mengenai kebijakan FIM yang akan mengurangi jatah mesin untuk musim 2014 merupakan kesalahan penulisan dan setiap pembalap MotoGP hanya memiliki jatah 5 mesin selama musim 2013,” jelas juru bicara Dorna.

Kebijakan FIM tersebut akan berimbas ke segala aspek balap, mulai dari peforma pembalap sampai ke strategi tim untuk membuat setting mesin lebih tahan untuk digeber dalam beberapa seri sekaligus. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa