Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Doni Tata Fokus Adaptasi di Akselerasi dan Deselerasi Motor Moto2

Bagja - Rabu, 12 Desember 2012 | 16:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Dua pekan lalu, Doni Tata Pradita kembali melakukan sesi pengetesan secara intens di Sirkuit Almeria, Spanyol bersama tim Federal Oil Gresini Moto2 Team. Meski lap time-nya belum bisa menyaingi performa yang dicapai oleh Thomas Luthi, namun tim Federal Oil Gresini Moto2 Team merasa sangat bangga dengan adaptasi yang dilakukan oleh Doni.

Pembalap asal Sleman, Yogyakarta itu pun mengaku bahwa karakter motor Moto2, memang sangat berbeda dengan karakter motor Supersport 600 cc yang dijajalnya beberapa tahun terakhir. Ia melihat perbedaan yang paling besar adalah saat melakukan akselerasi dan deselerasi.

“Motor Moto2 itu memang jauh lebih ringan ketimbang motor Supersport 600 cc dari Yamaha yang saya tunggangi musim ini di Kejurnas Supersport. Apalagi saat melakukan akselerasi, motor sepertinya selalu mau ngangkat terus alias wheelie karena tenaganya juga sangat besar. Makanya saya selalu berupaya untuk memindahkan bobot ke bagian depan untuk mengurangi wheelie,” jelas Doni.

“Tapi hal yang paling rutin saya pelajari adalah saat melakukan deselerasi. Kalau motor Supersport deselerasinya harus dilakukan dengan halus sambil memainkan tuas gas. Nah di motor Moto2, deselerasi harus dilakukan dengan sangat kasar dan posisi tuas gas tertutup penuh. Tujuannya agar bagian belakang motor berbelok dengan sendirinya. Dengan begini kita juga bisa late braking,” imbuhnya.

Meski sudah menemukan metode tepat untuk meningkatkan performanya, namun Doni masih akan harus menjalani serangkaian pengetesan motor untuk bisa tampil kompetitif untuk kompetisi musim 2013 mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa