Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Investor Asal Timur Tengah Bakal Bikin Sirkuit Baru di Indonesia?

Bagja - Selasa, 11 Desember 2012 | 05:14 WIB
No caption
No credit
No caption


Kapan ya Indonesia punya sirkuit baru selain Sentul International Circuit? Pertanyaaan inilah yang selalu mengemuka  jika wacana pagelaran MotoGP di tanah air mulai berhembus. Pasalnya dari sisi kondisi sirkuit, Sentul dinilai tidak layak lagi menggelar ajang balap tingkat dunia seperti MotoGP.

Toh buktinya untuk pagelaran balap World Superbike Championship (WSBK) yang harusnya sudah terjadwal untuk musim 2013, kembali gagal menemukan titik terang dari FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) sebagai badan yang memberikan homologasi kelayakan sebuah sirkuit.

Tapi di satu sisi, jumlah penonton asal Indonesia serta pangsa pasar kendaraan roda dua yang dinilai cukup tinggi, memancing pihak investor untuk mulai menanam modal membangun sirkuit di Indonesia. Meski baru tahap wacana, tapi ini harus disikapi dengan cara yang lebih serius. Artinya tidak boleh ada kepentingan politik dan pengelolaannya pun harus dilakukan secara profesional.

Wacana pembangunan sirkuit baru di Indonesia juga dikatakan oleh Bambang Gunardi selaku Kepala Biro Olahraga Roda Dua di Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI). Katanya ia mendapat bocoran dari Dorna Sports bahwa ada investor asal Timur Tengah yang mau bikin sirkuit di Indonesia.

“Saya terkadang ngobrol-ngobrol dengan Dorna Sports tentang kemungkinan bantuan untuk mewujudkan event MotoGP di Indonesia. Walaupun mereka masih menutup rapat semua informasi itu, namun saya dapat sedikit informasi bahwa ada pihak luar yaitu dari Timur Tengah yang mau bikin sirkuit standar dunia di Indonesia,” bisik Be Ge sapaan akrab Bambang Gunardi.

“Ya memang mereka tidak akan mengatakannya secara terus terang, sebab pihak investor juga ingin tahu persis apa keuntungan yang mereka bisa tarik jika membuat sirkuit di Indonesia. Termasuk event-event dunia yang akan digelar di situ nantinya. Saya yakin mereka (Dorna Sports dan pihak Investor) sudah melakukan pembicaraan tersebut, tinggal menunggu informasi detailnya seperti apa,” tukasnya.

Tentang dimana lokasinya, serta pembuatan akses dan jalurnya seperti apa, Be Ge mengaku tidak tahu. “Semua itu masih tertutup rapat. Mereka enggak mau ngomongin itu, jadi kita tunggu saja nanti lah.”

Wah, jika memang benar, berarti Lin Jarvis (Managing Director Motorsport Yamaha) yang ngotot untuk mengusulkan menggelar MotoGP di Malaysia sebanyak 2 kali sembari menunggu kesiapan sirkuit baru selain Sentul beberapa waktu lalu, adalah pertanda yang paling nyata. Hmm, semoga saja benar adanya! (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa