Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Prioritaskan Pasokan Ban Lunak di MotoGP Motegi

Bagja - Rabu, 10 Oktober 2012 | 15:54 WIB
No caption
No credit
No caption


MotoGP Motegi, Jepang yang akan berlangsung pada Minggu (14/10) akhir pekan nanti, menjadi ajang pagelaran yang cukup krusial bagi pabrikan ban Bridgestone sebagai pemasok karet bundar di MotoGP. Kondisi Motegi yang cukup abrasif, membuat Bridgestone harus memikirkan dengan matang pasokan kompon ban yang akan mereka pasok pekan ini.

Di sisi lain, temperatur cuaca di Jepang pada bukan Oktober yang sudah mulai lebih dingin, membuat pasokan ban kompon keras rasanya akan menjadi masalah tersendiri. Jadi Bridgestone tetap memilih untuk memasok kompon ban lunak dan medium. Tapi mereka juga tetap memasok ban keras untuk bagian depan untuk berjaga-jaga jikan kondisi balapan ternyata berlangsung dalam temperatur cuaca yang normal.

Untuk ban bagian belakang, Bridgestone masih mengandalkan ban asimetris dengan kompon lunak dan medium. Ban berkompon lunak, sebelah kanannya akan lebih keras yaitu kompon medium. Sementara kompon medium sebelah kanannya menggunakan kompon keras.

“MotoGP Jepang rasanya akan berlangsung dalam kondisi trek yang cukup dingin. Jadi pasokan ban yang bisa lebih cepat mencapai suhu ideal adalah pilihan terbaik pada saat balapan nanti. Tapi di sisi lain sirkuit ini sangat abrasif, dipadukan dengan lay out dimana pembalap cenderung melakukan pengereman dengan ekstrim. Makanya kami membuat ban depan dengan penguatan konstruksi di bagian tengah,” papar Shinji Aoki, Manager Pengembangan Ban Balap di Bridgestone.

Secara umum, Aoki mengaku bahwa secara lay out, Sirkuit Motegi adalah salah satu sirkuit dengan karakter yang tidak terlalu kasar memperlakukan ban. Makanya mereka memasok ban berkompon lunak untuk balapan pekan ini. (otosport.co.id)

Depan : Lunak, Medium, Keras
Belakang : Lunak, Medium
Ban basah : Lunak (utama), Keras (alternatif)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa