Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Pertamakali Pasok Ban Asimetris di MotoGP Aragon

Bagja - Jumat, 28 September 2012 | 08:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Penggunaan ban asimetris di MotoGP memang dinilai sangat berhasil membuat balapan jadi lebih menyenangkan, bukan hanya bagi pembalap namun juga bagi spektator (penonton). Sebab para pembalap bisa tampil maksimal sejak awal hingga akhir lomba dengan tingkat grip ban yang tidak jauh menurun.

Menjelang MotoGP Aragon, pihak Bridgestone kembali memasok ban asimetris. Dimana ini adalah kali yang pertama pabrikan ban asal Jepang itu memasok ban asimetris di Sirkuit Motorland Aragon.

Urusan ban, memang akan selalu jadi bagian yang krusial. Apalagi Aragon terletak di dataran yang agak tinggi. Dimana perubahan kondisi cuaca dan arah angin sedikit lebih ekstrim dibandingkan sirkuit lainnya. Hal ini merupakan tantangan besar dari pihak Bridgestone, agar balapan tetap berlangsung menarik tanpa terpengaruh kondisi cuaca yang sedikit ekstrim.

“Tahun ini adalah tahun ketiga kami berada di Aragon yang merupakan salah satu sirkuit dengan karakter cepat. Permukaan sirkuit yang cenderung halus dan agak licin dari pada sirkuit lain, memang jadi karakter unik Aragon. Kondisi ini membutuhkan grip ban yang lebih baik, namun juga harus bisa berkompromi dengan tikungan panjang dengan elevasi yang berbeda,” papar Shinji Aoki, Manajer Tyre Development Bridgestone.

“Khusus untuk ban belakang, kami akan memasok ban asimetris pertamakali di sirkuit ini. Dimana akan tersedia dalam dua pilihan kompon yaitu medium dan keras. Untuk ban medium, bagian kirinya akan berkompon keras. Sementara untuk tipe ban keras, sebelah kirinya akan tersedia dalam kompon ekstra keras. Hal ini bertujuan untuk stabilitas dan durabilitas ban,” lanjutnya.

Sementara untuk kompon ban depan, Bridgestone akan memasok 3 macam kompon. Diantara adalah lunak, medium dan ekstra keras. Jika kondisi cuaca buruk terjadi, Bridgestone juga sudah membawa dua jenis kompon, yaitu kompon lunak sebagai ban utama dan kompon keras sebagai kompon cadangan. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa