Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Alokasikan Kompon yang Lebih Lembut di Assen

Bagja - Kamis, 28 Juni 2012 | 16:11 WIB
No caption
No credit
No caption


Tahun lalu kritik pembalap pada Bridgestone cukup tinggi usai menjalani seri MotoGP Assen, Belanda karena konstruksi ban yang sangat hancur di akhir balapan dan berbahaya bagi para pembalap. Tapi tahun ini Bridgestone benar-benar tidak mau kecolongan lagi. Mereka pun mengalokasikan ban dengan konstruksi yang lebih kuat namun memiliki tingkat kelembutan kompon yang lebih baik.

Hal ini tujuannya agar ban lebih cepat mencapai temperatur ideal dan langsung bisa dimaksimalkan oleh para pembalap. Meski untuk bagian depan Bridgestone menilai motor tersebut tidak akan terlalu ekstrim, namun pada bagian belakang penggunaan kompon ban akan sangat terasa.

“Sirkuit Assen memiliki karakter cepat dan menuntut keseimbangan performa pada penggunaan ban. Nah, kebetulan sirkuit ini memiliki banyak tikungan cepat khususnya ke kanan. Kami mengembangkan ban untuk MotoGP Assen hampir sama dengan ban untuk Sirkuit Silverstone, Inggris. Hanya saja bahan kompon ban asimetris tersebut kami buat lebih lunak dari biasanya (pada ban belakang),” ujar Shinji Aoki, Manajer pengembangan ban balap di MotoGP dari Bridgestone.

“Kami memilih konfigurasi kompon medium-lunak dan medium untuk melayani karkakter sirkuit yang menyajikan gabungan tikungan lamban dan cepat. Konstruksi bagian bahu ban adalah penguatan kami, mengingat grip ban adalah hal yang paling utama di Assen,” seloroh Aoki.

Di Assen sendiri ada 2 tipe aspal yang tersaji di sana, yang pertama adalah karakter abrasif di beberapa bagian, dan karakter licin di permukaan aspal yang baru. Jika salah memperkirakan makah pembalap mungkin akan sedikit merugi pada penggunaan ban. Makanya pembalap harus tahu betul bagian-bagian aspal baru yang licin dan aspal lama yang lebih abrasif. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa