Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Regulasi Pembalap Pemula Dihapus Untuk Musim 2013

Bagja - Rabu, 20 Juni 2012 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Ambisi tim Repsol Honda untuk merekrut Marc Marquez untuk menggantikan posisi Casey Stoner akhirnya bisa terwujud. Dorna Sports (promotor MotoGP) dalam hal ini Carmelo Ezpeleta menegaskan bahwa aturan pembalap pemula takkan berlaku lagi mulai musim 2013 mendatang. Mereka menilai ini adalah keputusan terbaik bagi semua tim di MotoGP.

Rookie rule yang jadi pembatas antara pembalap yang baru naik ke kelas MotoGP untuk masuk ke tim pabrikan, memang indikasinya sudah diberlakukan tahun 2008 lalu untuk membuat pemerataan tim-tim satelit di MotoGP. Tapi dengan kondisi perekonomian yang semakin sulit, aturan itu tidak sesuai lagi dengan tujuan balap MotoGP yang sebenarnya.

Penghapusan rookie rule ini sebenarnya sudah lama diminta oleh MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) sejak di MotoGP Jerez, Spanyol lalu. Namun Ezpeleta menegaskan bahwa ini belum saatnya. Tapi keputusan besar yang dibuat oleh Casey Stoner, membuat Ezpeleta berada di bawah tekanan. Mengingat hampir semua pihak di MotoGP meminta rookie rule dihapuskan saja.

Keinginan tersebut pun akhirnya terwujud di MotoGP Inggris, dimana Ezpeleta menjelaskan bahwa permintaan dari banyak pihak tentang rookie rule ada benarnya juga. Makanya mereka akan menghapus regulasi itu mulai musim 2013, dan tim pabrikan pun bisa langsung merekrut pembalap pemula.

“Usul penghapusan regulasi rookie rule sudah lama diminta MSMA, tapi sekarang semakin banyak pihak yang meminta hal tersebut. Makanya kami memutuskan untuk menghapus regulasi tersebut mulai musim 2013 mendatang,” jelas Ezpeleta.

Bukan hanya menguntungkan pihak tim pabrikan, namun juga diakui bakal menguntungkan tim-tim privat hingga CRT (Claiming Rule Team) sekaligus. Sebab mereka juga bisa memilih pembalap untuk tim mereka sendiri, tanpa adanya keterikatan dengan tim pabrikan.

Tapi meski ada penghapusan regulasi ini, tim yang bisa memanfaatkan hal tersebut sepertinya hanya tim Repsol Honda saja. Mengingat Ducati dan Yamaha mempunyai banyak pilihan untuk mereka rekrut musim 2013 mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa