Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Siapkan Ban Asimetris yang Lebih Sempurna

Bagja - Kamis, 31 Mei 2012 | 04:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Tahun lalu keluhan pembalap pembalap tentang karakter ban Bridgestone yang tidak bagus, berawal dari banyaknya insiden yang terjadi di MotoGP Catalunya, Spanyol. Tidak ingin kecolongan lagi dengan semua itu, Bridgestone akhirnya melakukan perubahan yang sedikit ekstrim, yaitu dengan memasok ban belakang asimetris, yang memiliki perbedaan sebanyak 2 signifikan antara sisi kanan dan kiri ban.

Pengembangan yang dilakukan oleh Bridgestone kali ini, tentu tujuannya untuk memberikan rasa yang lebih nyaman bagi para pembalap, agar keseimbangannya lebih presisi. Sebab tahun lalu performa antara sisi kanan dan kiri ban dirasakan agak jomplang.

“Catalunya adalah sirkuit yang memiliki karakter berkecepatan tinggi. Dimana terdapat 8 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri, dimana masing-masing membutuhkan tekanan besar pada penggunaan ban. Makanya kami memasok ban belakang dengan kompon keras sebelah kanan dan medium di sebelah kiri, dimana tingkat kekerasan kompon sebelah kanan 2 tahap lebih keras,” jelas Shinji Aoki, Manajer Pengembangan Ban Balap di Bridgestone.

Untuk ban bagian depan, Bridgestone menyediakan 3 tipe kompon, yaitu ban keras, medium dan lunak. Namun khusus untuk tipe keras, disiapkan 2 tipe kompon. Sebab ada tipe ban berkompon keras berkarakter baru yang dipasok oleh Bridgestone.

Oh iya, MotoGP Catalunya juga akan menjadi event terakhir Bridgestone memasok ban dengan tipe 21. Sebagai gantinya mereka akan memasok ban dengan tipe 24 yang direkomendasikan dua tim pabrikan yaitu Yamaha dan Ducati. Sementara tim Repsol Honda lebih menyukai tipe 21 yang selama ini mereka gunakan. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa