Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Waspada, Siapkan 2 Kompon Ban Basah di Estoril

Bagja - Jumat, 4 Mei 2012 | 14:42 WIB
No caption
No credit
No caption


Sirkuit Estoril di Portugal memang memiliki karakter yang agak sulit ditebak untuk kondisi cuaca. Bukan hanya karena faktor cuaca saja, namun juga karena temperatur yang bisa berubah secara drastis dalam waktu yang singkat. Disinyalir karena posisi sirkuit yang cukup dekat dengan laut, jadi penyebab utamanya.

Tidak ingin diprotes banyak pembalap karena performa mereka kurang bagus, Bridgestone pun mulai waspada. Mereka sengaja menyiapkan kompon ban basah sebanyak 2 jenis, yaitu kompon lunak dan medium. Tujuannya agar pembalap bisa memilih yang lebih tepat untuk motor mereka, dalam kondisi sirkuit basah.

“Perubahan alokasi ban untuk tipe basah, sudah kami antisipasi. Dimana pembalap akan mempunyai pilihan lebih banyak pada ban tipe basah. Pasalnya Estoril sangat rentan dengan turunnya hujan, dan temperatur yang lebih dingin. Makanya kami menyediakan ban basah berkompon lunak sebagai ban utama dan ban basah berkompon medium sebagai pilihan,” jelas Hiroshi Yamada, manager motorsport di Bridgestone.

Selain bakal menyediakan dua jenis ban basah, Bridgestone juga memberikan tambahan penggunaan ban depan yang kabarnya merupakan ban terbaru dari Bridgestone. Sayangnya kompon ban depan terbaru itu, hanya tersedia untuk kompon yang lebih keras.

Tidak akan berbeda dengan alokasi ban di MotoGP Estoril tahun lalu, pekan ini Bridgestone akan tetap memasok ban asimetris. Dimana dominasi tikungan kanan yang lebih banyak membuat bahu kanan ban harus lebih keras agar performanya tetap seimbang dengan saat menikung ke kiri.

“Kami tidak ingin pembalap merasa performa ban saat menikung ke kanan dan ke kiri terasa berbeda di pertengahan balapan. Makanya kami tetap memasok ban asimetris agar performa motor bisa tetap dimaksimalisasi. Tujuannya adalah antara performa dna durabilitas lebih baik di kedua sisi ban,” timpal Shinji Aoki, manager divisi pengembangan ban balap di Bridgestone.

Usai seri Portugal nanti, pembalap akan tetap berada di Sirkuit Estoril begitu juga dengan kru Bridgestone, untuk melakukan pengecekan lebih detail pada ban yang akan mereka pasok secara full di MotoGP beberapa seri mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa