Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pirelli Berharap Strategi Lebih Beragam di F1 Spanyol

Bagja - Selasa, 8 Mei 2012 | 16:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Pemasok ban untuk ajang balap Formula 1 yaitu Pirelli, sepertinya sangat yakin bahwa pertunjukan F1 di Spanyol (13/5) pekan ini akan berlangsung dengan seru. Pasalnya Pirelli baru pertama kali musim 2012 memasok ban dengan selisih performa cukup besar. Ban yang mereka alokasikan untuk F1 Spanyol 2012 adalah ban kompon lunak sebagai ban pilihan dan ban kompon keras sebagai ban utama.

Tentu tim akan dipaksa memilih strategi yang lebih pas, yaitu menggunakan ban kompon lunak yang memungkinkan pembalap tampil lebih baik namun bakal melakukan banyak pit stop. Atau menggunakan kompon keras dengan mengorbankan performa mobil, tapi dengna jumlah pit stop yang lebih sedikit.

“Kami sengaja mengalokasikan kompon lunak dan keras untuk F1 Spanyol untuk melihat sejauh mana perbedaan performa antara keduanya. Perbedaan inilah yang akan menjadi tantangan bagi setiap tim di Formula 1. Mereka akan mengutamakan durabilitas atau malah mengutamakan performa. Nah disinilah akan dilihat strategi tim yang paling handal untuk memilih kompon ban,” jelas Paul Hembery, direktur motorsport Pirelli.

Selain menjelaskan bakal banyaknya strategi yang diaplikasikan oleh tim-tim di F1, Hembery juga memprediksi bahwa kondisi Sirkuit Catalunya, Spanyol pada sesi tes resmi pra musim 2012 akan sangat berbeda dengan kondisi balapan nanti.

“Sesi tes resmi pra musim F1 2012 lalu, kondisi trek cukup dingin sehingga membuat ban cukup sulit untuk panas. Namun sekarang saya berharap kondisinya lebih hangat sehingga memungkinkan para pembalap bisa mengeksplorasi kekuatan maksimal dari ban dan juga mobil mereka. Saya harap ada pertarungan yang lebih seru dengan adanya selisih penggunaan ban yang besar ini,” pungkas Hembery. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa