Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

DRS Takkan Berpengaruh di F1 Abu Dhabi?

billy - Minggu, 13 November 2011 | 00:03 WIB
No caption
No credit
No caption


DRS (Drag Reduction System) alias sayap fleksibel adalah piranti mobil yang yang sepanjang musim 2011 dipuji-puji oleh pembalap dan juga pecinta balap Formula 1. DRS bisa membantu seorang pembalap menyusul pembalap lain yang ada di depannya. Seperti yang terjadi pada hampir semua seri musim 2011.

Tapi untuk Formula 1 Abu Dhabi, beberapa pembalap papan atas tidak yakin aktivasi DRS di mobil mereka bisa membantu menyusul lawan di depan. Jenson Button dan Mark Webber adalah diantara pembalap yang tidak yakin. Mereka menganggap bahwa DRS hanya memungkinkan mendekati pembalap lain, tapi tidak untuk menyalip. Padahal Button awalnya yakin DRS adalah kunci sukses di Abu Dhabi.

“Saya rasa tetap akan sulit menyalip pembalap lain meski menggunakan DRS. Kemarin saya menggunakan DRS pada sesi latihan, tapi saya tidak menyalip satu pembalap pun. Saya hanya berharap kemungkinan menyalip tetap besar menggunakan DRS. Balapan akan panjang dengan beberapa kali pit stop. Semoga semuanya berjalan lancar,” harap Button.

Tidak berbeda dengan Button, Webber menjelaskan bahwa zona DRS di Abu Dhabi agak pendek. Jadi mungkin masih akan tetap sulit untuk menyalip lawan menggunakan aktivasi DRS. “Kelihatannya memang agak pendek karena zona aktivasi berjarak 470 meter dari tikungan 7. Jika pembalap bisa cepat menyalip, maka ia bisa jauh ke depan. Tapi jika terlambat, maka balapan tetap akan berlangsung seperti 2 tahun sebelumnya,” ujar Webber.

“DRS mungkin akan membantu karena ada 2 zona independen. Tapi kita lihat saja di India, meski mempunyai trek lurus cukup panjang tapi kita tidak bisa menyaksikan aksi susul-menyusul antara pembalap di sana,” sergah Webber lagi.

Berharap saja, semoga kenyataan berbeda dengan prediksi para pembalap! (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa