Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

DRS Non-Aktif, JIka Pembalap Potong Tikungan di F1 Abu Dhabi

billy - Sabtu, 12 November 2011 | 19:13 WIB
No caption
No credit
No caption


Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi adalah tipe sirkuit modern dengan dominasi beberapa tikungan S (ganda) alias chicane. Pada zona ini, areal run off masih bagian trek beraspal, sehingga pembalap bisa memanfaatkannya saat ingin menyusul. Menyikapi hal tersebut, direktur balap Formula 1 yaitu Charlie Whiting memberikan peringatan keras kepada pembalap pagi tadi (12/11).

Peringatan tersebut berupa ancaman penonaktifan piranti DRS (Drag Reduction System) di mobil pembalap yang memotong tikungan. Zona tikungan ganda yang sangat rawan digunakan sebagai tempat menyusul lawan di depan, terdapat 3 titik. Yaitu di sekitar tikungan 6, tikungan 9 dan tikungan 12.

“Jika dua mobil berada dalam satu deret (ingin menyalip lawan di depan) misalnya di tikungan 8, dimana salah satunya memotong tikungan 9 lalu masuk di trek berada di depan rivalnya tadi, akan kami anggap memanfaatkan run off dan meninggalkan trek. Dampaknya kami tidak akan memberikan aktivasi sistem DRS pada mobil pembalap tersebut,” tegas Whiting.

Namun Whiting tidak serta merta memberlakukan aturan ini kepada semua pembalap yang memotong jalur. Jika memang setelah di analisa memang tidak ada jalan selain memotong jalur di saat itu, maka aturan ini tidak akan berlaku. Jadi pembalap harus lebih berhati-hati! (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa