Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Ban di F1 India Bakal Jadi Basis Ban F1 2012

billy - Rabu, 26 Oktober 2011 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Alokasi tipe ban keras dan lunak di Formula 1 India (30/10) akhir pekan ini, akan jadi momentum penting bagi Pirelli. Seri balap di negeri Bollywood itu akan menjadi basis pengembangan kompon ban untuk tahun musim balap 2012 nanti. Pirelli sendiri membawa kompon ban cukup banyak untuk pembalap, yaitu 6 set ban kompon lunak dan 5 set ban kompon keras.

“Kami membawa banyak ban agar konservasi penggunaan ban keras dan lunak bisa menghasilkan data akurat. Sebab Anda tidak akan pernah mengetahui apa yang anda butuhkan di sirkuit baru. Kami sengaja memasok kompon lunak lebih banyak, karena kami yakin tim-tim akan lebih memilih ban berkompon lunak,” jelas Paul Hembery, direktur motorsport Pirelli.

“Penggunaan ban di F1 India sangat penting bagi kami, untuk membuat basis ban Formula 1 musim 2012 mendatang. Apalagi ketika kami melihat ban lunak sudah memiliki durability yang bagus, tapi tetap memiliki grip bagus di aspal,” imbuh Hembery.

Narain Karthikeyan sebagai pembalap tuan rumah malah lebih ekstrim menegaskan bahwa tipe ban lunak di F1 India bisa jadi memiliki selisih besar dengan kompon keras. “Selisih lap tercepat antara kompon lunak dan keras sekitar 2 detik,” yakin Kathikeyan.

Namun Hembery belum mau memberikan prediksinya tentang jumlah pitstop untuk F1 India nanti. “Masih terlalu awal berbicara tentang jumlah pitstop mengganti ban. Makanya kami harus mengeteahui dulu sejauh mana durabilitas kedua ban untuk tipe sirkuit di India,” pungkas Hembery. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa