Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Motorrad, Fokus di Sistem Aerodinamika BMW S1000RR

billy - Kamis, 18 November 2010 | 16:35 WIB
No caption
No credit
No caption



Foto : Asphalt & Rubber

OTOMOTIFNET - Resminya Leon Haslam di tetapkan sebagai rekan setim Troy Corser di BMW, tim ini langsung melakukan sejumlah penelitian ulang untuk meningkatkan performa motor BMW S1000RR. Awal pekan ini, BMW Motorrad kembali mengajak kedua pembalapnya, untuk melakukan tes di wind tunnel. Tentunya untuk melihat seberapa besar hambatan angin pada posisi mengendara mereka di trek lurus.

Hal ini dilakukan oleh BMW, karena penting untuk mendapatkan hambatan angin seminimal mungkin ketika berakselerasi di trek lurus. Agar akselerasi kendaraan lebih cepat, dan catatan waktu tercepat bisa lebih bagu lagi. Karena diantara kedua pembalap BMW ini, pastinya mempunyai banyak perbedaan saat mengendarai motor.

“Posisi mengendarai motor adalah faktor utama untuk mengefisienkan sisi aerodinamika pada motor dan pemblaap. Posisi kepala, bodi bagian atas, dengkul, lengan, lutut dan kaki menjadi pengaruh besar saat berakselerasi di trek lurus. Tentunya tidak hanya satu posisi saja yang tepat bagi pembalap, karena banyak hal yang berpengaruh. Seperti berat badan, tinggi badan dan lain sebagainya. Makanya kami melakukan tes di wind tunnel ini untuk mengetahui posisi mengendara paling tepat bagi mereka,” jelas Rainer Baumel BMW Motorrad.

Namun bukan hanya posisi mengendara yang optimal dan terbaik bagi kedua pembalap yang akan diimprovisasi lagi, namun juga pada sektor aerodinamika motor itu sendiri. “Makanya itu, dari data yang kami peroleh melalui hasil tes di wind tunnel ini, akan menjadi data untuk mengembangkan paket aerodinamika motor ini,” imbuh Baumel kemudian.

Apakah ini akan mempengaruhi dan meningkatkan performa mereka? Kita lihat saja hasilnya nanti di sesi ujicoba.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa