Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki GSX-R1000 2012, Lebih Bertenaga dan Ringan

billy - Rabu, 26 Oktober 2011 | 09:23 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Suzuki GSX-R1000 versi 2012 yang akan diperkenalkan di EICMA the Milan Motorcycle Show dipastikan hadir dengan berbagai penyempurnaan. Pembaruan ini menjadi gebrakan setelah penyempurnaan terakhir pada 2009 silam.

Seperti di rilis motorcycle, ada tiga hal utama yang baru. Pertama mesin, lalu perangkat wiring harness dan terakhir ada reduksi bobot. Suzuki mengklaim berat total GSX-R1000 versi 2012 ini lebih ringan hingga 2 kilogram.

Pada mesinnya, Suzuki menyematkan piston dengan teknologi MotoGP. Piston ini lebih ringan hingga 11 persen dibandingkan piston lama yang dipakainya. Cam followers yang digunakan juga 2,5 gram lebih ringan dengan overlap lebih kecil.

Agar lebih bertenaga, Suzuki juga meningkatkan kompresinya. Dari 12,8:1 jadi 12,9:1. Perubahan ini juga dibarengi dengan aplikasi konfigurasi knalpot yang kembali ke formasi awal yaitu, 4-2-1. Knalpot ini juga dibuat dari stanless tipis yang membuatnya lebih ringan.


Hasilnya pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini mengklaim tenaganya 8 persen lebih besar tapi dengan konsumsi bahan bakar yang tetap hemat.

Suspensi depan tetap menggunakan Showa Big Piston tapi kini disetting lebih pendek 7 mm. Stroke-nya juga dikurangi hingga 5 mm. Sedang suspensi belakangnya juga baru meski tetap menggunakan produk Showa.

Sektor pengereman didukung kaliper Brembo monoblock yang juga bisa mengurangi bobot karena lebih ringan. Dan pada penampilan, pembeda mencolok hanya pada posisi air ram di fairing depan yang sedikit berubah. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa