Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harley-Davidson Penster, Trike Unik Asal Amrik

billy - Sabtu, 6 Agustus 2011 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sosok Harley Davidson roda tiga, alias trike mungkin sudah umum dan jamak dilihat. Tapi biasanya dua roda sejajar diletakan di bagian belakang. Namun kali ini, dua roda ada di depan layaknya Piaggio MP3, atau Can Am Spyder.

Terlihat dari luar, sosok Penster begitu gagah dengan laburan oranye dan rona putih di atas tangki. Detailnya juga resik dengan lapisan krom yang nyaris terdapat di seluruh bagian kolong. Mulai dari blok mesin, knalpot sampai ke pelek.

Uniknya, motor ini bukanlah sebuah motor karya rumah modifikasi. Akan tetapi merupakan prototip karya Harley Davidson yang siap dipajang di The Harley-Davidson Museum, Wisconsin, Amerika.


Penster ini dibangun Harley Davidson bersama legenda hot rod, John Buttera. Dimana pabrikan asal Milwaukee ini menginginkan sebuah trike sejak 1998. Trike ini terlihat seperti versi perdana Can-Am Spyder yang lebar dan berground clearance rendah. Tetapi sistem setirnya mirip milik Piaggio MP3.

Dengan hasil ini, Harley Davidson kemudian mematenkan bagian leaning front end dimana perangkat tersebut menggunakan sistem hidrolik untuk membuat motor selalu dalam posisi vertikal saat berhenti.

Setelah prototip pertama selesai, Harley Davidson menghabiskan waktu satu tahun untuk membenahi desain awal dari Buttera, yang akhirnya selesai pada 2006, atau dua tahun sebelum Buttera meninggal karena tumor otak pada 2008.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa