Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin 2 Tak Ninja 150 Siap Hadapi Standarisasi Emisi EURO3

billy - Senin, 30 Mei 2011 | 13:15 WIB
No caption
No credit
No caption


Penerapan standar emisi Euro 3 kabarnya bakal diberlakukan mulai 2013. Pada saat itu, semua sepeda motor di Indonesia harus segera menyempurnakan teknologinya agar makin ramah lingkungan.

Kalau motor 4 tak bisa upgrade pakai injeksi, lalu bagaimana dengan sepeda motor 2 tak? Apakah motor 2 langkah tetap bisa bertahan dengan standar emisi yang makin tinggi?

Hingga saat ini tinggal PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang masih menjual line up 2 tak. Enggak cuma satu model, tapi ada dua yaitu Kawasaki Ninja 150R dan Ninja 150 RR. Tentunya upgrade ke standarisasi Euro 3 akan lebih kompleks.

"Ya, pasti lebih banyak yang harus disesuaikan. Tapi bukan enggak bisa, pasti bisa," yakin Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Department Head PT KMI. Contohnya Aprilia RS 125 di Eropa, meski dua langkah tapi tetap bisa lolos standar emisi Euro3.

"Cuma nanti tinggal dihitung cost-nya masih masuk akal untuk dijual," ungkap pria ramah yang akrab disapa Freddy ini. Saat ini, Ninja 150 menjadi salah satu line up andalan Kawasaki di Indonesia.

Untuk menekan emisi agar lolos Euro 2, motor ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System), HSAS (High Performance Secondary Air System) dan catalic converter pada knalpotnya. Kita lihat saja teknologi apa lagi yang akan disematkan Kawasaki pada Ninja 150. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa