Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Saingi CBR 125R dan YZF R125, Aprilia Pasang Quickshifter di RS4 125

billy - Kamis, 26 Mei 2011 | 14:48 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sebelumnya kita kenal Aprilia RS 125, motor sport entry level dengan mesin 2 langkah. Seiring peralihan teknologi ke arah yang lebih ramah lingkungan, Aprilia pun mengembangkan motor ini dengan mesi 4 tak yang diberi nama Aprilia RS4 125.

Agar tidak terlalu jomplang performan antara mesin 2 tak dan 4 tak yang kini dipakai, Aprilia pun berinisiatif menyematkan sebuah quickshifter opsional. Dengan perangkat ini pindah gigi bisa jadi lebih cepat sehingga akselerasinya makin kencang!

Quickshifter bekerja dengan memutuskan arus pengapian sesaat ketika tuas presneling diinjak, sehingga pindah gigi bisa dialukan tanpa menarik kopling yang bisa membuat putaran mesinnya menurun.

Tentunya langkah ini juga dilakukan agar varian Aprilia RS4 125 ini bisa tampak lebih canggih dan bertenaga dibandingkan kompetitornya Honda CBR 125R dan Yamaha YZF-R125 yang juga digandrungi remaja di Eropa.

Di Inggris, perangkat quickshifter ini dijual terpisah dengan harga 99 Euro atau setara Rp 1,2 jutaan. Sedang motornya dijual 3.999 Euro atau sekitar Rp 48,5 jutaan.


Mahal? Lihat dulu speknya, Aprilia RS4 125 dibekali mesin DOHC satu silinder dengan 4 klep berpendingin air. Kaki-kakinya pakai upside down 41mm di depan dan suspensi monoshock di belakang, dual disk brake sudah jadi komponen standar motor ini.

Sedang desainnya mirip sekali Aprilia RSV4 1000cc, hanya dimensinya lebih kecil. Corak dan warnanya pun dibuat sangat sporty khas motor balap dari tim Aprilia. Mantab kan! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa