Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Yamaha V-Ixion Dipakai Rieju RS3 125!

billy - Senin, 28 Maret 2011 | 09:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Beberapa waktu yang lalu MOTOR Plus pernah membahas varian MH7 Naked 125. Motor asal Spanyol ini pakai mesin serupa Yamaha V-Ixion dan Jupiter MX. Eh, sekarang ada lagi! Namanya Rieju RS3 125.

Sama-sama dari Spanyol, motor sport kecil ini bahkan sudah mulai dijual secara masal. Seperti dilaporkan MCN, di Inggris harga jualnya mencapai 3.299 Euro atau sekitar Rp 40,4 jutaan.

Mahal ya! Meski mahal, tapi mesinnya boleh dipastikan sama persis seperti yang dipakai Yamaha V-Ixion dan Jupiter MX. Bahkan Rieju dengan percaya diri mencantumkan nama mesin "Yamaha 4T" dalam brosur spesifikasinya.

Mesin yang digunakan sama-sama satu silinder SOHC tapi memiliki 4 klep. Bedanya dengan V-Ixion dan Jupiter MX ada pada diameter pistonnya saja. Maklum kapasitas mesin motor ini hanya 125cc.

Perbedaan lainnya ada pada penggunaan karburator, beda dengan V-Ixion yang sudah injeksi. Rieju RS3 125 ini menggunakan karburator Keihin CVEK 30.

Selain itu sasis dan kaki-kaki seperti sokbraker depan upside down berdiameter 40 mm dan sokbraker belakang belakang adjustable pasti berbeda dengan V-Ixion. Begitu juga dengan perangkat pengeremannya, di roda belakang sudah dikawal disk brake.


Desain bodinya pun sangat berbeda. Fairingnya punya head lamp dan lubang angin ditengah layaknya Yamaha R1. Joknya berundak, membuatnya terlihat lebih sporty.

Pasti bertanya kenapa motor ini bisa menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha V-Ixion? Mesin ini konon merupakan hasil pengembangan Motori Minarelli yang sejak tahun 2002 telah resmi menjadi anak perusahaan Yamaha. Jadi

Jangan heran bila mesin ini bisa dipakai banyak merek di Eropa! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa