Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Erik Buell Racing 1190RS, Superbike Amerika Rasa Italia!

billy - Selasa, 1 Maret 2011 | 14:11 WIB
No caption
No credit
No caption


Buell keluarin motor baru? Pastinya tidak mungkin, karena Buell Motorcycles memang sudah ditutup oleh Harley Davidson yang merupakan induk perusahaannya pada Oktober 2009 lalu. Buell terpaksa ditutup karena Harley Davidson mengalami krisis keuangan yang cukup berat.

Namun sang pendiri, Erik Buell tidak patah arang. Ia kembali mendirikan perusahaan baru bernama Erik Buell Racing (EBR). Perusahaan inilah yang menelurkan "Buell" terbaru yaitu EBR 1190RS.

EBR 1190RS ini memiliki tampang ala superbike Italia dengan tubuh ramping dan penuh lekukan tajam. Apalagi headlamp projectornya diposisikan secara berbaris vertikal di hidung fairing. Persis dengan gaya Ducati 999R namun dengan gaya yang lebih modern.

Kesan moge Italia ini makin bertambah dengan banyaknya penggunaan material eksotis di motor ini. Lihat saja, seluruh bodinya berbalut serat karbon! Ditambah lagi rangka dan velg EBR 1190RS yang terbuat dari magnesium. Alhasil, berat superbike Amerika ini hanya 181 kilogram!

Walaupun tampak seperti superbike Italia, EBR 1190RS tetap mempertahankan ciri superbike Amerika yang menggunakan mesin V-twin. Namun tidak seperti Buell yang biasanya mengandalkan mesin HD pendingin udara. 1190RS menggunakan mesin v-twin pendingin air buatan Rotax berkapasitas 1.190cc.

Pantas saja jika EBR 1190RS dibanderol tidak murah, yaitu $40 ribu atau sekitar 360 juta dalam kurs rupiah. Tapi jika ingin membawanya ke Indonesia tentu harganya bisa membengkak 3x lipat akibat ongkos kirim dan pajak.

Mahal atau tidak, itu biar anda yang menilai. Apalagi Erik Buell mencanangkan motor ini akan diproduksi hanya 100 unit alias limited edition. Hayooo mahal gak tuh? (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa