Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gigi Mundur Bermasalah, BRP Recall Can Am Spyder RT 2011

billy - Jumat, 18 Februari 2011 | 13:49 WIB
No caption
No credit
No caption


Setelah Ducati dan Harley Davidson yang baru-baru ini melakukan recall. Kini giliran Bombardier Recreational Products (BRP) yang melakukan recall pada motor buatannya, Can-Am Spyder RT.

Menurut dokumen yang disampaikan National Highway Traffic Safety Administration (HTSA), Amerika Serikat, transmisi manual Can-Am Spyder RT secara tidak sengaja bisa beralih ke gigi mundur saat sedang downshifting atau menurunkan gigi.

Misalnya saat turun dari gigi dua ke satu, tiba-tiba malah masuk ke gigi mundur. Saat berjalan, hal ini bisa menyebabkan ban belakang terkunci secara tiba-tiba. Sedang saat hendak berjalan maju, sang pengendara bisa panik karena sat buka gas malah tiba-tiba jadi mundur.

Padahal seharusnya, untuk masuk ke gigi mundur harus menekan tombol di stang kiri dengan menarik kopling lalu memindahkan transmisi ke gigi satu.

Menurut BRP, masalhnya ada pada kabel aktuator yang dapat menyebabkan mode reverse terpilih saat downshifting tanpa menekan tombol.

Masalah ini teridentifikasi pada 20 Januari 2011 lalu saat melakukan pengujian reguler di jalur perakitan BRP. Solusinya, dealer BRP akan menguji aktuator mundur pada Can-Am Spyder model RT tahun 2011 dan akan mengganti unit yang rusak dengan actuator baru.

Kampanye recall ini mnelibatkan 160 unit Can Am Spyder RT dengan transmisi manual SM5. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa