Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aprilia RS4 125, Light Sport 4-Tak Dari Italia

billy - Jumat, 26 November 2010 | 08:56 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOMOTIFNET – Motor sport berkapasitas mesin kecil tampaknya sedang digandrungi di seluruh dunia. Dan seolah tak ingin tertinggal dengan produsen motor yang telah lebih dulu melepas produk sport global berkapasitas kecil, produsen motor asal Italia, Aprilia turut merilis jagoan anyar mereka dikelas ini, RS4 125.

Aprilia sebelumnya memang telah memiliki jagoan dikelas sport ringan ini dengan RS125 yang bermesin 2-tak. Dan RS4 125 ini merupakan versi 4-tak dari RS125.

Spek mesin yang ditancapkan pada motor ini pun cukup mumpuni, yakni mesin DOHC 4-tak liquid cooled berkapasitas 125 cc, yang memiliki teknologi fuel injection yang dilengkapi ECU Magneti Marelli MIU G3. Dengan perbandingan kompresi 12,5:1 ini tentu mewajibkan RS4 125 untuk mengkonsumsi BBM beroktan 92 keatas.

Tenaga yang dihasilkan pun lumayan besar, yakni sebesar 15 dk. Kecil? Coba bandingkan dengan tenaga Honda New Mega Pro yang hanya sebesar 13,8 dk. Tenaga itu lalu disalurkan ke roda melalui transmisi 6 percepatan.

Fitur yang ada pada RS4 125 juga terbilang mantap. Bahkan untuk rem depannya RS4 125 dikawal oleh cakram berukuran 300 mm yang dilengkapi dengan kaliper empat piston. Sementara bagian belakang dibekali dengan cakram 218 mm dengan kaliper piston tunggal.

Bagian kaki-kakinya juga dipermantap dengan aplikasi suspensi upside down dan monosok di bagian belakang. Semakin gagah, karena RS4 125 juga dibekali velg berdesain garang. Velg ini dilapisi ban yang berukuran cukup lebar, yakni 110/80 – 17 inci di depan, serta 130/70 – 17 inci di belakang.

Dipastikan RS4 125 akan meluncur tahun depan di Amerika dan Eropa. Sayangnya, belum ada konfirmasi mengenai harga yang akan ditawarkan oleh Aprilia untuk produk ini.

Wah, apakah ini bakal menjadi pelengkap produk Aprilia untuk pasar Indonesia? Semoga saja.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa