Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cihuy, Helm Impor Sudah Bisa Ber-SNI Embos

Editor - Kamis, 8 Juli 2010 | 14:58 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Sekarang tak hanya helm-helm lokal yang ber-SNI embos. Helm impor pun sudah dan sedang menyiapkan proses sertifikasi tersebut (SNI embos) . Artinya, bikers Tanah Air pun punya pilihan lain selain helm lokal yang sesuai dengan UULLAJ No 22 tahun 2009.

SAMPLING
Sebut saja PT Central Sole Agency (CSA), distributor helm impor KBC dan Spark di Indonesia. "Terus meningkatnya pertumbuhan motor, membuat Indonesia jadi salah satu potensial market buat helm KBC dan Spark. Dengan alasan itu, kenapa tidak produk-produk itu disertifikasi sesuai aturan yang berlaku di Tanah Air. Meski sebenarnya ke-2 produk tersebut sudah standar DOT," ujar Willianto Husada, deputy director CSA.

Memang butuh proses sekitar 1 bulan, untuk mendapatkan surat sertifikasi SNI. Hal itu terjadi karena pihak Lembaga Sertifikasi Produk (LSPRO), melakukan audit pabrik terlebih dahulu. Untuk keperluan itu CSA mengirimkan petugas dari LSPRO ke pabrik KBC dan Spark.

Lalu mengambil sampling produk (half dan full face) untuk pengetesan yang sesuai dengan standar LSPRO. "Mereka mengambil sampling dari produk yang sedang dalam proses pembuatan pada line produksi. Setelah diberi tanda, produk tersebut dikembalikan lagi untuk meneruskan proses produksi. Helm yang sudah ditandai itu lalu dikirim ke Tanah Air untuk menjalani serangkaian pengujian standar SNI," terang Hendro Purwanto, product development section head CSA.

Sama seperti helm bikinan lokal lainnya, KBC dan Spark produksi 2010 ke atas juga akan diembos SNI. Sementara untuk helm-helm yang belum berembos, CSA sedang mengusahakan kalau produk-produk tersebut juga dapat standar SNI.

Selain KBC dan Spark, helm merek Nolan juga berancang-ancang untuk di-SNI embos. "Memang sertifikatnya belum turun, namun Nolan sedang dalam proses untuk dapat sertifikasi SNI. Nantinya untuk produk-produk Nolan keluaran 2010 ke atas, akan dibubuhi embos SNI," ungkap Eka Satria, dari PT. Mobile Multimedia (MM), pemegang merek dagang helm Nolan.

Seperti halnya merek lain, untuk keperluan itu MM mengirimkan petugas dari LSPRO untuk mengunjungi pabrik Nolan di Italia. Selanjutnya mereka mengambil contoh produk untuk dites di Tanah Air.

Akhirnya, gak bakal ketangkap Polisi pake helm impor.

Penulis/Foto: Oct / Dede

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa