Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proses Pengkaderan Hingga Pelantikan Minimal Butuh 2 Tahun

Editor - Senin, 4 Januari 2010 | 08:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Terkadang untuk bergabung dalam sebuah komunitas, dibutuhkan konsistensi dan pengkaderan yang cukup panjang. Dan memang hal ini sangat berguna untuk memupuk kebanggaan tiap individu yang tergabung di dalamnya. Seperti yang terlihat pada saat pelantikan 30 anggota baru komunitas Tiger Association Bandung (TAB).

Para pengguna motor Honda Tiger ini rupanya mempunya cara unik tersendiri untuk merekrut anggota mereka. Tidak akan semudah yang dibayangkan oleh para pengguna motor Honda Tiger lainnya, mereka bahkan sangat konsisten menggunakan sistem pengkaderan yang ketat seperti ikut serta touring antar provinsi, 15 kali kehadiran dalam enam bulan pertama dan lain sebagainya.

No caption
No credit
No caption

“Jadi acara pelantikan seperti ini memang menjadi agenda rutin kami setiap beberapa saat. Dan untuk mencapai tingkat pelantikan ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk bisa menjadi anggota penuh TAB atau mendapatkan emblem wing. Tahapnya adalah stiker kuning, pelantikan, embrio dan emblem atau anggota penuh,” jelas Tubagus yang akrab disapa dengan Kang TB, sang ketua TAB.

Lamanya tahapan dari satu jenjang ke jenjang lainnya adalah sekitar 2 tahun. Jika syarat minimal 15 kali kehadiran, touring antar provinsi sebanyak 2 kali dan touring dalam provinsi 4 kali tidak terpenuhi untuk mendapatkan jenjang pertama, maka calon anggota tersebut akan batal naik di jenjang berikutnya.

Nah hal yang mendasari mengapa TAB sangat ketat dalam merekrut anggota mereka, adalah karena TAB merupakan salah satu komunitas tertua motor Honda Tiger di Bandung. Dan terbukti mereka memang menjadi panutan sebagian besar pengguna motor Honda Tiger di kota Parahyangan itu.

TAB sendiri pada pertengahan tahun 2010 yaitu Juni 2010 akan merayakan ulang tahunnya yang ke-16. Dan ini akan membuat mereka semakin dewasa dan bertekad untuk tetap menjadi panutan dalam komunitas roda dua di Bandung.

“Tentunya banyak hal yang masih ingin kami lakukan, termasuk tetap menjaga solidaritas kami di TAB. Yang jelas hal yang tidak bisa ditawar adalah penjenjangan pengkaderan agar mampu memahami filosofi komunitas ini seutuhnya. Agar nama baik TAB tetap terjaga,” imbuh Kang TB kemudian.

Nah, jika sudah begini tentu ikatan persaudaraan diantara mereka akan semakin solid. Bravo TAB........!

Penulis/Foto : Uda

# Klub Anda ingin tampil di OTOMOTIFNET.COM?
# Kirimkan naskah disertai foto, lalu kirim ke email berikut :
dimaspradopo@gramedia-majalah.com
uda@gramedia-majalah.com
zoelis_oto@gramedia-majalah.com

  
*** Ingin berdiskusi tentang klub Anda ? Silahkan klik disini

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa