Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Laris Manis, Suzuki Kembangkan Dua Versi Mesin Diesel

Selasa, 30 April 2013 | 17:09 WIB
No caption
No credit
No caption


India – Berbeda dengan di Tanah Air dimana Suzuki enggan menghadirkan mobil bermesin diesel, di India justru produk Maruti Suzuki bermesin 1.3 liter MuliJet diesel yang menuai kesuksesan. Mesin tersebut tertanam nyaris di seluruh line up, mulai dari Swift, Dzire, Ertiga, SX4 hingga Splash.

Namun seperti diketahui, mesin diesel Multijet dihasilkan dibawah lisensi dari pabrikan otomotif Italia, Fiat. Itu artinya, tiap penjualan produk Suzuki bermesin diesel, mereka wajib menyetor uang lisensi pada Fiat.

Nah, karena mengetahui pangsa pasar mesin diesel yang besar, maka Suzuki berencana menghadirkan dua mesin diesel baru yang pengembangannya murni dari pihak RnD mereka. Tanpa melibatkan Fiat. Dan rencananya, mobil dengan mesin diesel anyar ini akan mengaspal di akhir 2014.

Berbeda dengan mesin diesel Multijet yang berkapasitas 1.3 liter, nantinya mesin diesel Suzuki akan mengandalkan 1.0 liter dan 1.4 liter. Hal ini memungkinkan varian kecil seperti Alto dan A-Star untuk mengaplikasi mesin diesel. Sementara versi 1.4 liter bisa menggantikan posisi Multijet yang kesepakatan kerjasamanya akan habis di tahun 2015 mendatang.   (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa