Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Ingin Etios Pakai 80 Persen Komponen Lokal

Jumat, 15 Maret 2013 | 14:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Karawang -  Disamping melakukan perakitan dan pembuatan manufaktur, Toyota Indonesia juga berencana untuk meningkatkan konten lokal pada komponen-komponen Toyota Etios Valco.

Hal ini disampaikan oleh Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) disela peresmian Plant-2 Toyota di Karawang pada Jumat (15/3). "Rencananya konten lokal Etios Valco akan kami tingkatkan menjadi 80 persen, dari 55 persen saat ini."

Menurutnya, peningkatan konten lokal juga harus didukung kesiapan suplier rekanan Toyota. 

"Saat ini, sudah ada 100 suplier lebih buat Etios Valco. Dan baru menyentuh suplier second tier. Kami mau lebih, seperti Thailand dimana supliernya sudah mencapai third tier. Sehingga lebih banyak industri yang terlibat di dalamnya," ujar Johnny yang menyatakan jika mesin merupakan komponen yang masih diimpor dari Jepang. 

Seperti diketahui, Etios Valco merupakan produk ke-3 dari Toyota Motor Manufacturinng Indonesia (TMMIN), setelah Innova dan Fortuner. Saat ini, baru Etios Valco yang diproduksi di pabrik baru Plant-2 Toyota, Karawang. Sementara dua produk lain dihasilkan oleh Plant-1 yang masih berada dalam satu area. 

Untuk tahap awal, TMMIN baru memproduksi Etios Valco sebanyak 2.000 unit perbulan, dari total kemampuan 70.000 unit. Pabrik baru ini sanggup menyerap hingga 1.100 pekerja baru. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa