Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Sempurna, Mobil Listrik ITS Bisa Jelajah Hingga 50 Km

Minggu, 27 Januari 2013 | 08:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Mobil listrik dari ITS yang akan meluncur Sabtu (26/1), ternyata diakui oleh pengembangnya belum dalam tahap sempurna.

“Spesifikasinya masih kurang. Sekarang mobil listrik ini yang penting bisa bekerja sesuai sistem saja. Beberapa komponen yang belum sesuai dengan spek yang kami inginkan adalah baterai dan motor listrik,” papar dosen ITS, M. Nur Yuniarto saat dihubungi Otomotifnet.com Jumat (25/1).

Menurutnya, saat ini motor listrik yang diaplikasi bertipe DC yang hanya bertenaga 20 Kw. “Padahal spesifikasi yang kami inginkan adalah motor listrik bertenaga 60 Kw. Namun hal ini terkendala pemasok dan biaya yang masih sulit,” ungkap pria ramah ini.

Selain itu, baterai yang dicangkok saat ini bertipe Lithium Polimer FE4 dengan daya 10 kWh. “Rencananya kami juga mau meningkatkan daya baterai, karena saat ini estimasi jaraknya hanya sekitar 50 km saja sekali pengecasan selama 6 jam. Padahal, jika memakai baterai yang kami inginkan, bisa bertahan sampai 150-200 km,” timpalnya.

Seperti diberitakan sebelumnya (klik di sini)  mobil listrik karya ITS yang belum diberi nama akan bersosok hatchback dengan desain sporty khas anak muda. Rencananya mobil tersebut akan dikenalkan didepan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, M. Nuh pada Sabtu (26/1) di kampus ITS Sukolilo, Surabaya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa