Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Replika Mobil Dari Plat Nomor Polisi

billy - Rabu, 20 Juli 2011 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Punya plat nomor polisi (nopol) bekas? Jangan buru-buru dibuang. Coba tengok apa yang dilakukan Judiono Soeleiman. Di tangan Pria berusia 59 tahun ini plat nopol bekas bisa disulap jadi replika aneka mobil. Mulai VW Safari 1974 , Land Rover seri 3, Hummer, Jip Willys M38 dan Jip Utility A1 hingga mobil perang racikan PT Pindad.

Senikir
Berawal dari kegelisahan Yudi sapaan akrabnya, yang melihat banyaknya limbah plat nopol. Berbekal keahliannya dalam bidang pengikiran, ia pun memulai eksperimen untuk membuat aneka barang dari plat.

“Mulai eksperimen sejak 1992-1994,menggabungkan keahlian saya sebagai ahli kikir (fitter) dan seni untuk menghasilkan karya seni baru,” tutur lelaki yang sempat bergabung di PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) Bandung. “Ini adalah Senikir, singkatan dari Seni Kikir,” tutur kelahiran Surabaya yang menciptakan idiom itu.

No caption
No credit
No caption

 VW Safari 1974 replika mobil pertama yang bikin ketagihan
Pada tahun 1995, ia mulai membuat replika mobil pertamanya yakni VW Safari 1974. Untuk mewujudkan replika itu, ia membutuhkan waktu 9 hari. Dimulai dari meratakan plat kemudian membuat pola dan proses pengikiran. Namun, bahan yang dipakai bukanlah plat nopol mobil tetapi plat limbah alumunium yang didapat dari pasar Jatayu, pusat limbah logam di Bandung.

Setelah repilka itu jadi, ia pun semakin getol untuk membuat replika mobil lainnya. “Saat ini saya lagi tergila-gila untuk membuat replika mobil perang seperti Hummer versi perang yang saya selesaikan 10 hari. Kemudian Jip Willys M38 dan mobil perang buatan Pindad. Bahannya dari plat nopol bekas,” ungkap lulusan teknik mesin IKIP Yogyakarta 1978 ini.

Soal mobil perang ini memang menjadi favoritnya. Desain yang rumit, justru menjadi tantangan tersendiri baginya. “Seperti dalam pembuatan replika mobil perang Pindad yang memaksa saya untuk membuat tools kikir sendiri dan tidak dipunyai ahli kikir lain,” ujar ayah satu putri ini.

Kebanyakan plat bekas didapatnya dari saudara,teman dan kolega. Tetapi, katanya lagi, yang paling sulit mendapatkan plat merah dan kuning dengan ukuran 0,8 mm. “Karena plat nopol itu ukurannya dari 0,7-0,9 mm. Nah, yang pas buat replika mobil itu ukuran 0,8 mm,” tutur lelaki yang membuka bengkelnya di Jl.Permai 19 No.9 Margahayu Permai, Bandung.


 Tiga jenis plat nopol bekas dan plat limbah aluminium sebagai bahan baku
Pilihannya membuat replika mobil perang seperti Hummer berbuah manis. Kala pameran di CCF (pusat budaya Perancis) tahun 2010 di Bandung, empat replika Hummer buatannya banyak mendapat respon pengunjung .

Meski begitu, pemakaian plastik pada roda replika, banyak menuai kritik. Sebab, antara elemen logam dan plastik, dianggap tak menyatu. Kritikan itu dianggapnya sebagai masukan yang berharga. Makanya, ia pun kini berusaha membuat roda replika memakai plat seperti yang sudah diaplikasikan pada replika Hummer barunya.

“Banyak juga yang ingin membeli tetapi saya belum berniat menjual karya-karya saya, karena saya mau menyiapkan istananya dulu yaitu galeri. Setelah terwujud dan karya saya mendapatkan tempat, baru saya akan berpikir untuk menjualnya,” ujarnya lagi.

Wah...!!   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa