Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wanita Beli Mobil, Memupus Mitos Pasar Sempit

billy - Rabu, 25 Mei 2011 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Jika masih beranggapan mobil identik dengan pria, karena melihat dari sisi performa yang menunjukkan kekuatan atau desainnya yang menggambarkan kemewahan, buang jauh-jauh.

Banyak studi menunjukkan wanita tak kalah dengan pria untuk membeli mobil. Survei juga menunjukkan kalau kaum hawa merupakan pasar yang besar buat kendaraan roda empat. Ini sekaligus memupus mitos wanita sebagai pasar mobil yang sempit.

Selera Tinggi
Mobil biasanya dikonotasikan sebagai boy toys alias mainannya kaum pria. Namun kini potensi wanita dalam membeli mobil sudah dijadikan penilaian beberapa pabrikan mobil dunia. Mereka tak boleh memandang sebelah mata kaum hawa.

Dirilis thecarconnetcion.com, ketika terjadi resesi dunia, sedikit tersiar kaum wanita terguncang. Dan kenyataannya, wanita muda di kota besar memiliki pendapatan lebih banyak ketimbang pria muda.

Belum lama sebuah studi baru dilakukan analis industri otomotif R.L. Polk menyebut, di Amerika dalam 4 tahun terakhir, 38,5% kendaraan ringan didaftarkan oleh wanita.

Dilampirkan 5 merek kendaraan penumpang yang dibeli wanita. Pertama ditempati Toyota, diikuti Honda, Ford, Chevrolet, Nissan. Lima merek yang didaftarkan atas nama wanita, posisi teratas MINI, lalu Kia, Honda, Nissan, Subaru.

Sementara studi TrueCar.com menunjukkan 10 teratas mobil yang terjual ke wanita lebih dari 50%, seperti VW Beetle, Kia Spectra, Nissan Rogue, VW Eos, Hyundai Entourage, Volvo S40, Jeep Compass, Honda CR-V, Nissan Sentra dan Hyundai Tucson.

Biasanya, ketika membeli mobil baru, wanita kurang begitu tertarik dengan tenaga dan teknologi seperti yang ditawarkan pada mobil eksotis. Kebanyakan di antara mereka menginginkan keamanan, ketahanan dan harga. Kini anggapan itu sedikit terkoreksi.

R.L. Polk mengungkap 5 merek kendaraan eksotis penjualannya ke kaum hawa naik 10% dibanding tahun 2009, yaitu Ferrari, Lotus, Lamborghini, Maybach dan Rolls-Royce.

April lalu, Lamborghini mengumumkan jumlah wanita yang membeli mobilnya meningkat. TrueCar.com menyatakan 7,4% pembeli Lamborghini pada 2010 adalah perempuan (naik 2,2% dari 2009). Wanita pembeli Rolls-Royce dan Ferrari juga meningkat.

Sementara Bloomberg Businessweek pernah menyebut, persentasi pemilik Volvo S40 adalah wanita (53%) dan Jaguar X-Type 51,2%. Ini menunjukkan perempuan tak kalah selera dari kaum pria.

Di Asia, perempuan India (model dan aktris Bollywood) pun memiliki selera tinggi. Minissha Lamba dengan Audi TT-nya dan Katrina Kaif Audi Q7 SUV. Pihak Audi mengklaim, wanita suka mengendarai mobil mewah, khususnya model sport.

Sedangkan Priyanka Chopra dan Bipasha Basu mengendarai Porsche Cayenne mereka. Rani Mukerjee membeli Mercedes-Benz E-Class dan Kareena Kapoor pilih Lexus LX 470 SUV.

Perilaku sama terjadi di Cina. Dilansir elitechoice.org awal 2011, jumlah pembeli Maserati 3 kali lebih banyak dibanding pembeli wanita di Eropa. Wanita Cina juga mencatat dua kali jumlah total rata-rata penjualan Ferrari di dunia. Cina memang jadi pasar terbesar penjualan mobil mewah.


 Kaum hawa ikut menentukan saat seseorang ingin membeli mobil
Bagaimana dengan Indonesia? Tak sedikit aktris lokal memiliki mobil sendiri buat aktivitas sehari-hari, termasuk mobil mewah. Jadi, tak heran kalau Melinda Dee, tersangka pembobol Rp 17 miliar dana nasabah Citibank punya banyak mobil mewah (2 unit Ferrari, 1 unit Mercedes-Benz dan 1 unit Hummer).

Mobil, apalagi mobil mewah, tak lagi didominasi kaum adam. Wanita juga sudah bisa menentukan pilhannya sendiri. Contohnya April kemarin, Toyota Yaris menerima penghargaan Kartini Choice Brand Awards 2011. Women Insight Center menggunakan sistem kuesioner terhadap 1.600 responden wanita di 7 kota besar, untuk mengetahui merek paling dipilih konsumen usia 17-55 tahun.

Yaris ditetapkan sebagai sedan hatchback yang produknya jadi pilihan kaum perempuan. "Dengan adanya award ini, dapat memacu kami untuk lebih mengerti konsumen, khususnya perempuan di Indonesia," ujar PR manager PT Toyota-Astra Motor, Rouli Sijabat dalam siaran persnya.

Perempuan bukan lagi ceruk pasar yang sempit, terutama di pasar otomotif.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa