Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Istilah Gaul Otomotif: Biar Beken Pakai Istilah Keren (Bag.1)

billy - Senin, 9 Mei 2011 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption


 Atam mobil yang dimodifikasi jadi rendah(chop top) sempat jadi tren
JAKARTA - Beragam bahasa gaul atau istilah baru di dunia otomotif juga bermunculan selama perjalanan media tercinta ini. Istilah ini mengalir begitu saja dan biasanya banyak diambil dari perumpamaan nama hewan atau benda-benda yang berada di sekitar. Atau juga buat menggambarkan suatu kondisi yang selama ini belum pernah ada padanan katanya.

Istilah ini ada yang diungkapkan lewat iseng-iseng, akhirnya jadi ungkapan resmi di kalangan pelaku otomotif. Inilah gambaran singkatnya.

Alto
Ciri kendaraan ALTO (All Terrain Off-road) ground clearance mobil lebih tinggi dari standarnya, pakai ban dan pelek ukuran besar seperti di mobil off-road. Dipalikasi pada mobil keluarga 7-seater atau berpenggerak 4x2 yang didandani bergaya off-road dengan pemasangan berbagai aksesori. Mainnya di lumpur yang tidak ekstrem dan bisa bawa keluarga. Aliran ini dipopulerkan oleh Nuris Sarni, seorang pemodifikasi di pertengahan tahun 2000-an.

American Style
Ungkapan buat mobil yang memakai bumper depan dan belakang berukuran lebih besar dibanding mobil-mobil Eropa pada 1999. Mobil tampak lebih monyong. Lampu besar dan lampu kabut terpisah, juga pemaiakan side lamp dan kaca spion bukan model tanduk. Banyak dipakai pada mobil Mercy dan juga sedan buatan Jepang.

Ceper Dan celup
Ingin tunggangannya bergaya balap turing seperti di luar negeri, misal BTCC, banyak pemilik mobil memotong ulir per, menggunakan pelek racing lebih besar dari standar seperti ukuran 17 inci. Bahkan ada yang bannya sampai masuk ke rongga sepatbor. Kata ceper atau celup ramai diucapkan sekitar 1996.

CHop Top
Ngetop di Amerika awal 1960-an dan istilah ini mewabah di tanah air pada 1997. Atap mobil dimodifikasi jadi rendah. Biasanya mobil untuk drag race atau show car dan sempat jadi tren. Tak terkecuali mobil lawas, mobil baru pun atapnya bisa dibuat ceper. Untuk drag race, langkah ini bisa memperbaiki aerodinamika kendaraan.

Datsun Curut
Karena dimensi bodinya yang kecil, Datsun 120Y pikap ini disebut Datsun Curut. Kalau yang sedan panggilnnya Datsun Kotak.

Ekor Itik
Bahasa asing sih duct tail, bermula adanya di bagasi Mitsubishi Galant. Desain pantat mobil yang sedikit mencuat ke atas ini (seperti spoiler), lalu ditiru untuk diaplikasikan ke mobil lain.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa